Rabu, Oktober 9

Jakarta

Lanskap bisnis yang dinamis di Indonesia saat ini menuntut perusahaan untuk terus berinovasi dan mencari keunggulan kompetitif untuk dapat bertahan dan meraih kesuksesan di pasar. Salah satu kunci keberhasilan adalah dengan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang tepat dan berdaya saing. Oleh karena itu, mengidentifikasi dan mengembangkan talenta yang tepat menjadi prioritas utama.

Di sinilah peran platform Talent Assessment menjadi vital. Platform ini membantu perusahaan mengidentifikasi individu dengan potensi tinggi, meningkatkan keterlibatan dan retensi karyawan, meningkatkan kinerja dan produktivitas, serta mengurangi risiko dan memungkinkan pengambilan keputusan berdasarkan data.

Talent Assessment melibatkan berbagai alat dan teknik, termasuk di antaranya tes psikometri, wawancara, dan evaluasi kinerja. Teknik-teknik Ini membantu perusahaan membuat keputusan yang tepat berdasarkan informasi tentang perekrutan, pengembangan, dan succession planning.


Berikut adalah 4 manfaat utama mengapa perusahaan di Indonesia perlu mempertimbangkan menggunakan platform talent assessment.

4 Manfaat Utama Platform Talent Assessment bagi Perusahaan

1. Mengidentifikasi Individu Berpotensi Tinggi

Platform Talent assessment membantu perusahaan mengidentifikasi individu dengan potensi tertinggi untuk pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan. Dengan menilai keterampilan, kompetensi, dan perilaku mereka, perusahaan dapat menemukan calon pemimpin masa depan dan berinvestasi dalam pengembangan mereka untuk mendorong kesuksesan.

2. Meningkatkan Keterlibatan dan Retensi Karyawan

Karyawan yang merasa diakui dan dihargai atas keterampilan dan potensinya, mereka cenderung lebih terlibat dan berkomitmen pada pekerjaan mereka. Platform Talent Assessment membantu terciptanya budaya pembelajaran dan pengembangan yang berkelanjutan, yang meningkatkan kepuasan karyawan dan retensi yang lebih baik.

3. Meningkatkan Keefektifan Pengembangan Karyawan Untuk Kinerja dan Produktivitas

Dengan menyelaraskan kekuatan individu dengan skill yang dibutuhkan posisi pekerjaan, talent assessment memastikan bahwa karyawan ditempatkan dalam peran di mana mereka dapat berkembang. Hal ini menghasilkan peningkatan kinerja, peningkatan produktivitas, dan hasil bisnis yang lebih baik secara keseluruhan.

Talent assessment dapat mengidentifikasi kesenjangan keterampilan dan kekuatan unik setiap karyawan. Dengan demikian, perusahaan dapat menyusun program pelatihan dan pengembangan yang terfokus pada area yang perlu ditingkatkan. Hal ini akan meningkatkan efektivitas program, memaksimalkan potensi karyawan, dan meningkatkan kinerja serta produktivitas individu maupun tim.

4. Mengurangi Risiko dan Mengambil Keputusan Berdasarkan Data

Talent assessment memberikan wawasan berharga tentang kemampuan individu dan kesesuaian potensial mereka dalam organisasi. Hal Ini membantu mengurangi risiko yang terkait dengan perekrutan yang salah, mengurangi biaya pergantian karyawan, dan memungkinkan pengambilan keputusan yang berdasarkan data dalam strategi manajemen talenta.

Menggunakan platform talent assessment bukanlah sebuah kemewahan, tetapi menjadi kebutuhan bagi organisasi yang ingin tetap unggul dalam lanskap bisnis yang dinamis dan kompetitif saat ini. Dengan memanfaatkan kekuatan talent assessment, perusahaan dapat membuka potensi penuh dari tenaga kerja mereka, meningkatkan kinerja, dan beradaptasi dengan tuntutan yang terus berubah di masa depan.

Perusahaan dapat bermitra dengan konsultan HR berpengalaman seperti Mercer dan dapat memanfaatkan platform talent assessment dari Mercer, yaitu Mettl Talent Assessment. Mercer dapat membantu perusahaan dalam merancang strategi talent assessmentyang efektif dan dipersonalisasi secara spesifik sesuai kebutuhan perusahaan.

Konsultan HR seperti Mercer, juga dapat memberikan solusi, wawasan, dan alat HR berharga lainnya seperti remunerasi gaji, benefits, employee engagement, organization design, dan job evaluation untuk membantu perusahaan memiliki strategi yang lebih baik. Lalu, tepat guna dalam menghadapi berbagai tantangan, serta efektif untuk bisa menarik dan mempertahankan talenta terbaik, sekaligus menjaga pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.


(Content Promotion/Mercer)

Membagikan
Exit mobile version