Jumat, Oktober 4

Jakarta

Miso merupakan bumbu masak khas Jepang yang terkenal dengan rasa asin khas. Mengonsumsi miso ternyata punya manfaat sehat, berikut daftarnya!

Miso adalah salah satu bumbu masakan Jepang yang populer. Miso merupakan fermentasi kedelai berbentuk pasta halus. Umumnya berwarna kuning dengan cita rasa asin gurih untuk masakan.

Merunut sejarahnya, miso atau pasta miso aslinya berasal dari China, tapi kemudian dibawa ke Jepang sekitar 1.300 tahun yang lalu sebagai bahan pengawet makanan alami.


Miso merupakan hasil fermentasi kacang kedelai dengan koji (Aspergillus oryzae) yang berperan sebagai agen fermentasi. Miso paling sering diolah sebagai sup dengan tambahan ragam sayuran, tahu, rumput laut, dan seafood yang dimasak di kaldu dashi.

Di pasaran, miso juga ditawarkan dengan warna putih dan merah yang berbeda dari segi rasa serta kandungan garamnya. Umumnya miso putih adalah jenis miso manis, sedangkan miso merah menandakan waktu pematangan lebih lama dan kandungan garam lebih tinggi.

Mengutip Health (1/10/2024), miso pada dasarnya adalah makanan fermentasi yang mengandung antioksidan dan probiotik. Mengonsumsinya bisa membawa 4 manfaat sehat berikut:

1. Cegah stres oksidatif

Olahan fermentasi kedelai, termasuk miso, mengandung antioksidan. Senyawa ini bantu mencegah kerusakan sel dan penyakit dengan menetralkan radikal bebas yang muncul akibat paparan polusi, sinar ultraviolet, dan merokok.

Radikal bebas yang terlalu tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif dan berkontribusi pada penyakit kronis. Dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti miso, bantuk mengendalikan radikal bebas tersebut.

2. Sehatkan usus

Foto: Getty Images/Alexander Pyatenko

Dalam pembuatan miso melibatkan mikroorganisme seperti bakteri dan ragi yang berfungsi memetabolisme makanan. Produk akhirnya akan menghasilkan aroma dan rasa makanan yang khas.

Profil nutrisi makanan itu juga akan bertambah, salah satunya dapat menyehatkan usus. Miso sendiri mengandung probiotik seperti spesies Bacillus, yang menyehatkan usus.

Probiotik ini juga menghasilkan senyawa antimikroba dan meningkatkan penyerapan nutrisi makanan. Selain itu, fungsinya mencegah sembelit dan diare.

3. Menyehatkan jantung

Mengonsumsi miso dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Meskipun miso tinggi natrium, tapi miso juga mengandung banyak serat dan senyawa yang menyehatkan. Keduanya dapat mendukung kesehatan jantung.

Dalam penelitian yang dilangsungkan di Jepang dengan studi terkontrol acak pada orang dengan tekanan darah agak tinggi dan tekanan darah tinggi, terbukti mereka mengalami penurunan tekanan darah pada malam hari dalam 8 minggu. Partisipan itu diketahui diberi makan sup miso.

Namun meski sup miso dapat menurunkan tekanan darah, efeknya terbatas dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

Selengkapnya ada di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version