Sabtu, Oktober 19

Jakarta

Warung makan khas Sunda kerap menjadi incaran keluarga saat akhir pekan. Ciri khas warung makan ini biasanya berkonsep prasmanan dengan puluhan lauk.

Tak hanya banyak di kawasan Jawa Barat, tapi kini warung makan khas Sunda tersebar di daerah Jabodetabek. Warung makan ini juga sering menjadi incaran makan keluarga saat akhir pekan. Harganya terjangkau suasananya nyaman.

Warung makan khas Sunda memiliki ciri khas khas yang membedakan dengan tempat makan khas daerah lainnya. Mulai dari konsep warung makan prasmanan, lesehan, hingga puluhan jenis lauknya.


Berikut 4 ciri khas warung makan Sunda:

1. Penyajian Prasmanan

Danau Abah, restoran Sunda hidden gem di BSD yang menawarkan menu prasmanan nikmat. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Warung makan khas Sunda banyak yang menawarkan konsep penyajian prasmanan. Pengunjung bisa mengambil sendiri hidangan yang mereka inginkan.

Biasanya aneka lauk yang digoreng, ditumis, hingga sayur berkuah dihidangkan berderet memenuhi meja. Nantinya harga makanan dihitung dari apa yang diambil oleh pengunjung.

Konsep prasmanan ini kerap ditemui di banyak tempat. Seperti yang ditemui di Warung Ampera 2 Tak, Alam Sunda, hingga Danau Abah. Hampir semua warung makan Sunda memakai konsep ini.

2. Tawarkan Tempat Lesehan

Menikmati Iga Bakar dan Gurame Kremes Sambil Duduk Lesehan di Atas Kolam Foto: detikcom/Diah Afrilian

Konsep tempat duduk lesehan juga menjadi ciri khas lain dari warung makan Sunda. Konsep ini sangat disukai oleh pelanggan yang membawa keluarga atau rombongan.

Lesehan juga merupakan sebuah budaya makan dengan duduk di bawah kerap dikenal dengan sebutan bancakan. Bisa menggunakan alas tikar maupun tidak. Konsep lesehan ini juga kerap ditawarkan di dalam saung.

Makan sambil duduk lesehan merupakan gaya orang Sunda makan di kampung. Ditambah sajian menu Sunda yang beragam yang dinikmati tangan sehingga cocok dengan suasananya.

Simak Video “Bikin Laper: Duet Gurame Bakar dan Karedok yang Raos Pisan
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version