Minggu, Juni 30


Jakarta

Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta telah digelar meriah semalam. Momen perayaan itu juga menghasilkan 35 ton sampah.

“Jadi sejak pagi, sore, hingga malam petugas kita sudah ada. Tapi yang paling besar disiagakan pembersihan pascakegiatan. Bersih-bersih selesai sekitar pukul 03.30 WIB. Hasilnya 1.140 meter kubik atau setara 35 ton sampah,” kata Kepala Sudin LH Jakarta Pusat Slamet Riyadi, dilansir Antara, Minggu (23/6/2024).

Slamet mengatakan ada 1.500 personel kebersihan yang disiagakan menjaga kebersihan selama perayaan HUT Jakarta pada Sabtu (22/6). Sementara ratusan personel juga diterjunkan untuk membersihkan sampah sisa perayaan.


“Sedangkan personel yang bertugas bersih-bersih usai acara sebanyak 876 orang,” katanya.

Ke-876 personel kebersihan itu terdiri atas 56 ASN. Sementara 820 sisanya berasal dari jasa lainnya perseorangan (PJLP).

Slamet mengatakan kegiatan bersih-bersih sampah sisa perayaan HUT Jakarta turut melibatkan 15 unit truk sampah. Kegiatan itu juga melibatkan tiga unit mobil tayo, empat unit gerobak motor, dan 10 truk penyapu debu jalan.

Dinas LH DKI Jakarta juga mengerahkan sebanyak sembilan unit toilet mobil, dua unit mobil tangki air, dan dua unit mobil tangki air kotor.

“Setelah bersih-bersih di kawasan Monas dan sekitar, kami lanjut siaga menjaga kebersihan Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024,” ucap Slamet.

Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) LH Kecamatan Gambir, Mumu Mulyana, menambahkan, kegiatan bersih-bersih sampah sisa perayaan HUT Jakarta tidak terpusat di kawasan Monas saja. Pihaknya juga melakukan pembersihan di sejumlah titik lainnya yang menjadi objek perayaan warga.

“Kegiatan ini juga meliputi kawasan Jalan MH Thamrin, Majapahit, Juanda Raya, Veteran Raya, dan Jalan Budi Kemuliaan,” kata Mumu.

(ygs/imk)

Membagikan
Exit mobile version