Rabu, Oktober 2

Jakarta

Beberapa orang merasa aneh atau canggung saat harus makan sendirian di restoran, padahal praktik ini membawa beberapa manfaat untuk kesehatan mental. Salah satunya melatih percaya diri!

Makan sendirian atau ‘solo dining’ disukai orang karena beberapa alasan, misalnya mereka yang ingin ‘me time’ tanpa ada interaksi dengan orang lain. Lalu ada juga yang suka makan sendirian karena merasa lebih praktis.

Namun, beberapa orang menganggap makan sendirian adalah hal yang aneh atau tabu. Bahkan ada yang merasa tak nyaman saat harus menikmati makan seorang diri. Mereka merasa terintimidasi dengan tanggapan dari lingkungan sekitar.


Faktanya, makan sendirian di restoran semakin banyak dilakukan orang-orang di Amerika Serikat. Perusahaan reservasi restoran online, OpenTable, menemukan 60% orang makan sendirian di restoran dalam 12 bulan terakhir. Untuk pengunjung Gen Z atau Millennial, jumlahnya jadi 68%!

Ahli gizi sekaligus psikologi Dr. Supatra Tovar mengatakan makan sendirian juga semakin diminati setelah masa pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu. Makan seorang diri saat itu adalah kebutuhan dan akhirnya dinamika sosial soal makan sendirian berubah.

Kepada HuffPost (25/9/2024), Tovar juga mengungkap 3 manfaat makan sendirian di restoran:

1. Mendorong mindful eating

Foto: Ilustrasi iStock

Salah satu keuntungan terbesar dari makan sendirian adalah orang-orang menjadi lebih perhatian akan makan mereka. Tovar menjelaskan, “Saat kita makan sendiri, kita memiliki kesempatan untuk melatih kesadaran, benar-benar berfokus pada rasa, tekstur, dan pengalaman dari makanan kita tanpa gangguan eksternal.”

Tovar juga bilang makan sendirian bantu seseorang meningkatkan kualitas hubungan mereka dengan diri sendiri. Dengan begitu, seseorang bisa mengenali isyarat lapar dan kenyang lebih baik, yang pada akhirnya mendorong hubungan yang lebih sehat dengan makanan.

Dr. Cortney Ware, seorang psikolog klinis menambahkan, saat makan sendirian seseorang punya kesempatan yang luar biasa untuk mengeksplorasi diri sendiri, memahami diri sendiri, dan menantang diri sendiri.

Beberapa makanan cocok untuk disantap sendirian, seperti sushi di restoran omakase. Chef Shingo Akikuni mengatakan konsep omakase dimana chef menyajikan menu secara personal pada pengunjung, memiliki suasana yang menyenangkan karena bersifat interaktif.

Makan sendirian juga bisa membuat seseorang lebih mandiri dan melatih percaya diri. Baca halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version