Kamis, Oktober 24

Jakarta

Penderita eksim perlu memperhatikan pola makannya. Mulai dari mengonsumsi makanan yang dapat mencegah eksim kambuh hingga menghindari makanan pemicunya.

Sebagian orang mungkin memiliki masalah kulit yang serius, seperti eksim. Eksim merupakan kondisi ketika terjadi gangguan pembengkakan pada kulit. Saat eksim kambuh, reaksi alergi pada kulit dapat ditandai dengan timbulnya kemerahan, ruam, dan rasa gatal. Kondisi ini akhirnya menimbulkan rasa tidak nyaman hingga dapat menganggu penampilan.

Selain faktor genetik, eksim juga dapat disebabkan oleh faktor lingkungan hingga paparan bahan kimia dan mikroorganisme.


Dalam waktu tertentu, kondisi eksim bisa kambuh karena sejumlah hal, seperti sistem imun yang sensitif, perubahan suhu tiba-tiba, paparan alergen dan iritan, hingga karena mengonsumsi makanan yang dapat menjadi pemicu.

Oleh karena itu, penderita eksim perlu memerhatikan sejumlah hal, termasuk pola makan. Pola makan berperan penting dalam kesehatan kulit secara keseluruhan. Pilih makanan yang dapat mencegah kambuhnya eksim dan hindari makanan yang dapat memicunya.

Lantas makanan apa saja yang direkomendasikan untuk dikonsumsi dan dihindari? Melansir byrdie.com (10/10/2024), ini daftarnya:

Makanan yang direkomendasikan

1. Pisang

Kandungan potasium pada pisang dapat membantu cegah eksim. Foto: Getty Images/iStockphoto/bhofack2

Pisang direkomendasikan karena tinggi potasium yang dapat melawan inflamasi atau peradangan. Kadar potasium tinggi juga membuat buah ini bersifat basa.

Menjalani diet alkaline atau diet yang fokus terhadap pengurangan konsumsi makanan bersifat asam dianggap mendukung fungsi hati, sehingga membantu tubuh menghilangkan racun yang berkontribusi pada gejala eksim.

Pisang sebenarnya juga mengandung beberapa senyawa amina yang pada sebagian orang dapat memperburuk rasa gatal. Untungnya, buah ini mengandung magnesium dan vitamin C yang dapat mengurangi amina.

Karenanya, jika kamu mengonsumsi pisang tetapi ada reaksi yang timbul, bisa jadi kamu sensitif terhadap amina.

2. Salmon

Salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk mencegah eksim. Foto: Getty Images/Siraphol

Salmon juga merupakan makanan kaya akan sumber asam lemak omega-3 yang dikenal dapat mengurangi peradangan.

Kadar protein dalam ikan salmon juga akan membantu kulit terasa lebih baik. Asam amino yang disediakan oleh ikan salmon memungkinkan tubuh membuat kolagen yang dapat menjaga kulit tetap kuat dan elastis.

Selain salmon, kombinasi asam lemak omega-3 dan protein ini sebenarnya juga tersedia dalam beberapa ikan lainnya, seperti ikan sarden hingga tuna. Bisa juga mencari alternatif, seperti suplemen minyak ikan yang dapat mengurangi gejala eksim.

3. Kunyit

Kandungan di dalam kunyit dalam membantu cegah eksim. Foto: iStock

Selain menambah rasa dan aroma pada masakan, secara khusus kunyit juga dapat mencegah eksim kambuh.

Menurut ahli gizi Perry, kunyit terkenal dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Kunyit juga mengandung senyawa kurkumin yang bermanfaat bagi penderita eksim.

Penelitian tentang kunyit dan eksim masih terbatas, tetapi setidaknya menurut Healthline, sebuah penelitian menemukan perbaikan signifikan pada gejala eksim setelah mereka menggunakan krim yang mengandung rempah-rempahan kunyit. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu mengatasi kondisi kulit lainnya.

Kunyit bisa dijadikan bumbu tambahan pada daging atau sayur. Bahkan, bisa dicampur ke dalam teh.

Makanan yang perlu dihindari penderita eksim bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Simak Video “Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version