Minggu, September 29

Jakarta

Daging beku yang akan diolah menjadi masakan biasanya akan dicairkan terlebih dulu. Namun, mencairkan daging beku tidak boleh sembarang. Hal ini agar kualitas daging tetap bagus dan terjaga kehigienisannya.

Kalau biasanya daging beku dicairkan dengan direndam air panas, ternyata itu berbahaya lho. Cara ini tidak aman dan berisiko membawa penyakit. Lantas, bagaimana cara mencairkan daging beku yang tepat dan benar?

Cara Mencairkan Daging Beku dengan Aman

Mengutip situs Food Safety and Inspection Service, U.S. Department of Agriculture (USDA), mencairkan daging beku haruslah aman karena produk tersebut “mudah rusak”.


Bila disimpan pada suhu yang tidak tepat selama proses pencairan (defrost), maka dapat menyebabkan penyakit. Bakteri berbahaya yang mungkin ada sebelum pembekuan lebih mudah berkembang biak.

Untuk mencairkan daging beku dengan aman dan higienis, berikut caranya:

1. Mencairkan Daging Beku dengan Air Dingin

Cara pertama untuk mencairkan daging beku yang cepat dan aman, yaitu dengan merendamnya di dalam air dingin. Bukan air hangat atau air panas ya.

Sebab, suhu aman untuk defrost produk beku adalah di bawah 4,4ºC atau lebih dingin dari 4,4ºC. Suhu lebih hangat dari angka tersebut masuk ke zona bahaya di mana bakteri berkembang biang lebih cepat.

Untuk mencairkan produk beku dengan air dingin, pastikan daging dikemas dalam plastik anti bocor. Dengan begitu, daging tidak mudah terkontaminasi bakteri dari udara dan lingkungan. Selanjutnya, perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Kantong plastik daging direndam dalam air dingin dengan suhu di bawah 4,4ºC
  • Ganti air dingin setiap 30 menit sekali agar daging bisa mencair
  • Usai mencair, daging dapat langsung dimasak

Sebagai informasi, daging yang telah melalui proses memasak dapat dibekukan kembali. Hindari membekukan daging lagi sebelum melewati proses memasak.

2. Mencairkan Daging Beku di Dalam Kulkas

Daging beku dapat dicairkan dengan dimasukkan ke dalam kulkas atau chiller. Metode ini membutuhkan waktu lebih lama, tetapi tidak terlalu ribet seperti cara sebelumnya. Berikut tata cara mencairkan daging beku di dalam kulkas:

  • Setel kulkas pada suhu sekitar 1,6 – 4,4ºC
  • Masukkan daging beku ke kulkas bagian bawah atau chiller, lalu biarkan hingga mencair

Perlu diperhatikan, daging harus disimpan di suhu aman sampai sebelum dimasak. Daging yang telah dicairkan di kulkas dapat dibekukan kembali meski batal dimasak. Akan tetapi, kualitasnya mungkin bisa menurun.

3. Mencairkan Daging Beku dengan Microwave

Metode lain untuk mencairkan daging beku dengan aman dan higienis adalah menggunakan microwave.

Namun dengan cara ini, daging harus segera dimasak setelah dicairkan. Sebab, sebagian bagian daging cenderung agak matang lantaran suhu hangat yang diberikan. Sehingga daging dikhawatirkan berada pada suhu zona bahaya.

Bagian daging yang mulai matang disarankan tidak boleh dipegang dengan tangan kosong karena bakteri yang menempel tidak lagi akan mati. Untuk mencairkan daging beku dengan cara ini, berikut langkah-langkahnya:

  • Keluarkan daging beku dan letakkan di wadah tahan panas
  • Tutup rapat dan pastikan udara di dalam wadah telah dikeluarkan sebanyak mungkin sebelumnya
  • Periksa kembali wadah untuk menghindari kebocoran
  • Masukkan wadah berisi daging ke dalam microwave dan nyalakan atau tekan tombol ‘defrosting’
  • Tunggu hingga mencair.

Setelah dicairkan, segera masak daging. Jika ingin dibekukan kembali, pastikan daging harus melalui proses memasak terlebih dulu.

Memasak Daging Beku Tanpa Dicairkan

Saat tidak punya cukup waktu untuk defrost, daging beku sebenarnya bisa tidak dicairkan terlebih dulu sebelum dimasak.

Caranya dengan memasak daging masih dalam keadaan beku. Metode ini tergolong aman menurut Food Safety and Inspection Service USDA.

Akan tetapi, daging beku yang langsung dimasak membutuhkan waktu yang lebih lama dari waktu memasak yang seharusnya.

Sebagai contoh, daging segar atau daging yang sudah dicairkan memerlukan waktu 1,5 jam untuk dimasak. Sementara masak daging beku langsung butuh waktu 3 jam.

Tips yang Perlu Diperhatikan saat Mencairkan Daging Beku

Saat mencairkan daging beku agar tetap aman dan higienis, perhatikan tips berikut:

  • Daging beku tidak boleh dicairkan dengan air panas atau air hangat
  • Daging perlu dimasak segera setelah dicairkan
  • Daging beku dapat dibekukan kembali tapi setelah melalui proses memasak.

Nah itu tadi sejumlah cara mencairkan daging beku yang aman dan higienis untuk mencegah bakteri berbahaya berkembang biak dengan cepat.

(azn/inf)

Membagikan
Exit mobile version