Senin, September 30

Jakarta

Hari Yoga Internasional atau International Yoga Day adalah momen yang diperingati pada 21 Juni setiap tahun. Hari Yoga Internasional ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang-orang akan manfaat dan pentingnya yoga bagi kesehatan fisik maupun mental.

Dikutip dari Medical News Today, yoga adalah latihan yang mengkombinasikan antara postur fisik, meditasi, dan teknik pernapasan. Praktik yoga sendiri sudah ada sejak ribuan tahun lalu, dan diyakini berasal dari India.

Saat ini, yoga merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Yoga pun terus berkembang seiring zaman, dan dipadukan dengan berbagai latihan aerobik atau gerakan dinamis lain untuk meningkatkan manfaat kesehatannya.


Sejarah Hari Yoga Internasional

Dikutip dari National Today, Hari Yoga Internasional pertama kali digagas oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi melalui pidatonya di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 27 September 2014. Pada pidato tersebut, Modi mengatakan yoga tidak hanya sekadar bagian dari tradisi kuno, melainkan pendekatan holistik yang berharga untuk kesehatan dan kesejahteraan.

Lalu pada 11 Desember 2014, PBB melalui resolusi 69/131 mengumumkan 21 Juni diperingati sebagai Hari Yoga Internasional. Tanggal 21 Juni dipilih lantaran merupakan Summer Sostice, yakni hari ketika matahari berada di titik paling utara sehingga menyebabkan siang hari berlangsung lebih lama.

Di perayaan Hari Yoga Internasional pertama pada 21 Juni 2015, Modi dan tokoh politik terkenal lain dari seluruh dunia melakukan 21 asana (postur yoga) selama 35 menit di New Delhi, India.

Tema Hari Yoga Internasional 2024

Tahun ini, Hari Yoga Internasional mengusung tema ‘Yoga for Self and Society’ atau ‘Yoga untuk Diri Sendiri dan Masyarakat’. Tema ini menekankan manfaat ganda dari latihan yoga, yakni meningkatkan kesejahteraan pribadi dan masyarakat secara luas.

Tema ini juga menyoroti pentingnya ketenangan batin dan kepedulian diri sebagai landasan untuk kehidupan yang bahagia dan sehat. Melalui yoga, orang-orang diajarkan untuk mengendalikan emosi, mengurangi stres, dan mengembangkan kesadaran diri.

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Berbeda dengan olahraga kebanyakan, yoga tidak hanya bertujuan meningkatkan kesehatan fisik, tapi juga kesejahteraan mental. Bahkan, yoga kerap dikaitkan sebagai olahraga yang cocok untuk menurunkan tingkat stres, kecemasan, dan depresi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari latihan yoga:

  1. Meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas tubuh
  2. Membantu mengatasi nyeri punggung
  3. Meredakan gejala arthritis
  4. Meningkatkan kesehatan jantung
  5. Membantu tubuh lebih rileks
  6. Meningkatkan kualitas tidur
  7. Meningkatkan suasana hati
  8. Membantu mengelola stres
  9. Meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan
  10. Menguatkan imun tubuh
  11. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
  12. Menguatkan tulang
  13. Memperbaiki postur tubuh
  14. Menunjang fungsi otak

(ath/kna)

Membagikan
Exit mobile version