Minggu, Juni 30


Jakarta

Perebutan juara maskapai terbaik di dunia terus diperebutkan. Tahun 2024, juaranya lagi-lagi Qatar peringkat satu.

Pesawat menjadi moda transportasi bergengsi dan menjadi pilihan favorit dari segi waktu. Maskapai dunia berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik untuk bisa didapuk menjadi yang terbaik setiap tahunnya.

Dilansir dari CNN pada Kamis (27/6/2024) Skytrax merilis beberapa kategori untuk pelayanan maskapai dunia. Ibarat Oscar untuk penerbangan komersial sebagai pengakuan atas kualitas layanan yang ditawarkannya kepada penumpang pada armadanya yang modern.


Juara pertama diraih oleh Qatar Airways. Maskapai itu menjadi juara untuk kali ke delapan dalam 25 tahun sejarah penerbangan.

“Ini adalah pencapaian yang luar biasa bagi Qatar Airways untuk memenangkan gelar Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia untuk tahun 2024, yang kedelapan kalinya mereka menang,” kata CEO Skytrax Edward Plaisted.

Maskapai Timur Tengah ini telah membangun reputasi yang kuat selama dekade terakhir, membantu Bandara Internasional Hamad Qatar yang memenangkan penghargaan memantapkan dirinya sebagai pusat penerbangan global untuk menantang pesaing regional Dubai dan Abu Dhabi.

“Kami mengucapkan selamat kepada Qatar Airways atas keberhasilan ini yang seharusnya menjadi sumber kebanggaan dan kepuasan besar bagi manajemen dan staf maskapai,” ujar Plaisted.

Maskapai Timur Tengah itu telah membangun reputasi yang kuat selama satu dekade terakhir. Peran paling besar dilakukan oleh Qatar dilakukan saat Bandara Internasional Hamad Qatar memenangkan penghargaan sebagai pusat penerbangan global untuk menantang pesaing regional Dubai dan Abu Dhabi.

Armada Qatar yang terdiri dari 230 pesawat terbang yang terdiri dari 10 pesawat superjumbo A380, Boeing 777-300ER, Boeing 787-8 dan 787-9, Airbus A350-900 dan A350-1000, ditambah berbagai jet berkapasitas lebih kecil.

“Ini adalah momen Qatar Airways yang membanggakan dan merupakan kehormatan bagi saya untuk berbagi penghargaan ini dengan rekan-rekan saya yang bekerja keras,” kata CEO maskapai Badr Mohammed Al-Meer dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Skytrax.

“Penghargaan ini merupakan bukti dedikasi kami yang tak kenal lelah untuk menyediakan layanan dan inovasi yang tak tertandingi. Kami berharap untuk meraih lebih banyak kemenangan di masa mendatang,” dia menambahkan.

Kemenangan Qatar membuat pemenang tahun lalu, Singapore Airlines, berada di posisi kedua, tetapi hanya selisih tipis. Sayangnya, maskapai Garuda Indonesia belum masuk dalam daftar ini.

Skytrax yang berbasis di Inggris mengatakan pemungutan suara dikumpulkan dari survei terhadap lebih dari 21 juta pelanggan dari 100 negara dengan sekitar 350 maskapai penerbangan. Penghargaan ini merupakan persaingan ketat sejak 1999.

Berikut 20 maskapai terbaik tahun 2024 versi Skytrax:

1. Qatar Airways
2. Singapore Airlines
3. Emirates
4. ANA All Nippon Airways
5. Cathay Pacific
6. Japan Airlines
7. Turkish Airlines
8. EVA Air
9. Air France
10. Swiss International Air Lines
11. Korean Air
12. Hainan Airlines
13. British Airways
14. Fiji Airways
15. Iberia
16. Vistara
17. Virgin Atlantic
18. Lufthansa
19. Etihad Airways
20. Saudi Arabian Airlines

(bnl/fem)

Membagikan
Exit mobile version