Minggu, Oktober 27


Jakarta

Akan kembali digelar, Jakarta Coffee Week 2024 usung tema berbeda. Tahun ini menjadi perayaan dan apresiasi bagi barista Indonesia yang berprestasi.

Begitu banyak acara dan festival kopi yang kerap digelar dengan menarik. Salah satunya adalah Jakarta Coffee Week atau yang acapkali disebut sebagai Jacoweek.

Setelah secara rutin dilangsungkan selama 7 tahun berturut-turut, Jakarta Coffee Week 2024 menggenapi penyelenggaraannya yang ke delapan. Berbeda dengan tahun lalu, pada pagelaran Jakarta Coffee Week 2024 tema Celebration atau selebrasi yang mengusung perayaan.


Bentuknya berupa apresiasi dan segala perayaan atas kehebatan komponen pendukung keberlangsungan kopi di Indonesia. Terutama barista-barista yang berhasil membawa nama harum tanah air pada kompetisi kopi bertaraf internasional.

Jacoweek berkolaborasi bersama Mandiri dan SCAI membawa tema yang segar pada pagelarannya tahun ini. Foto: detikcom/Diah Afrilian

“Tahun ini kami akan penuh perayaan, temanya tentang selebrasi. Jadi akan banyak apresiasi para barista Indonesia yang berprestasi sampai nantinya kita akan menyiapkan barista untuk bertarung pada kompetisi dunia tahun depan,” ujar Hendri Kurniawan selaku Co-Founder Jakarta Coffee Week dalam Konferensi Persnya di Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Jakarta Coffee Week 2024 akan menempati lokasi yang sama dengan tahun lalu, yaitu di ICE BSD, Tangerang Selatan. Hanya saja hall yang digunakan berbeda. Jika tahun lalu berlokasi pada hall 10, tahun ini mereka bergeser menempati hall 5-6.

Jakarta Coffee Week yang selalu dipadati para pecinta kopi juga menjadi ajang yang tepat bagi pelaku usaha UMKM hingga barista yang hendak mengasah kemampuannya. Sebanyak 168 tenant UMKM dikatakan oleh Hendri telah dikurasi untuk meramaikan acara ini.

Begitu pula dengan berbagai kompetisi yang berbeda dari biasanya. Kompetisi berupa coffee spirit akan menjadi salah satu yang difokuskan pada pagelaran tahun ini.

Jacoweek 2024 akan berlangsung di ICE BSD Hall 5-6 pada 1-3 November 2024. Foto: Instagram/jktcoffeeweek

Tidak sendirian, Hendri juga menggandeng Specialty Coffee Association Indonesia (SCAI) dan Bank Mandiri dalam keberlangsungan acaranya. Hendri dan Daryanto, selaku chairman SCAI, mengaku sekaligus mempersiapkan barista Indonesia menjelang World of Coffee Jakarta 2025.

Nantinya para barista yang berhasil menjadi jawara kompetisi di Jakarta Coffee Week 2024 akan dipertimbangkan untuk mengikuti World of Coffee di Jenewa. Acara seperti ini tentu menjadi angin segar bagi para pelaku di industri kopi Indonesia.

Tidak hanya bagi pengusaha UMKM yang diuntungkan tetapi waktu ini juga menjadi kesempatan emas bagi para barista untuk belajar lebih tajam. Jakarta Coffee Week 2024 akan dilangsungkan tepat pada 1-3 November mendatang.

Bagi pengunjung umum tiket masuk yang diberlakukan seharga Rp 35.000. Jika tak ingin ketinggalan keseruan Jakarta Coffee Week 2024 pastikan untuk membeli tiketnya menggunakan Livin’ by Mandiri.

(dfl/odi)

Membagikan
Exit mobile version