Sabtu, Oktober 5


Jakarta

Dua puluh lima tahun lalu, Bill Gates membuat 15 prediksi tentang masa depan. Semua prediksinya ini satu per satu menjadi kenyataan

Bill Gates ibarat punya mesin waktu. Pendiri Microsoft ini seperti menjalani kehidupan di film fiksi ilmiah terkenal ‘Back to the Future’. Berikut adalah prediksi Bill Gates yang kini menjadi kenyataan dikutip dari Unilad.

1. Situs perbandingan harga

Sekitar 25 tahun yang lalu, Gates meramalkan akan adanya layanan perbandingan harga otomatis. Layanan ini memungkinkan konsumen bisa dengan mudah membandingkan harga pada produk yang ingin mereka beli.


“Layanan perbandingan harga otomatis akan dikembangkan, yang memungkinkan orang melihat harga di berbagai situs web, sehingga memudahkan pencarian produk termurah untuk semua industri,” katanya.

Saat ini, situs dengan fungsi semacam itu terwujud, salah satunya Google Products. Selain itu, ada banyak situs perbandingan harga dengan menggunakan berbagai bahasa di dunia.

2. Smartphone

Smartphone atau ponsel pintar adalah barang pertama yang kita ambil saat bangun tidur dan sering kali menjadi barang terakhir yang kita letakkan di malam hari sebelum tidur. Mayoritas dari kita kini seperti tidak dapat hidup smartphone.

Ponsel sudah ada sejak tahun 1999. Namun saat itu, ponsel belum memiliki fungsi seperti yang kita lakukan dengan ponsel saat ini.

“Orang-orang akan membawa perangkat kecil yang memungkinkan mereka untuk terus terhubung dan melakukan bisnis elektronik dari mana pun mereka berada,” prediksi Gates kala itu.

“Mereka akan dapat mengecek berita, melihat penerbangan yang telah mereka pesan, mendapatkan informasi dari pasar keuangan, dan melakukan apa saja di perangkat ini,” sebutnya.

3. Asisten virtual

Pria berkacamata itu juga meramalkan bahwa manusia akan memiliki asisten otomatis yang mengikuti ke mana saja kita pergi.

Gates memang tidak secara eksplisit meramalkan kehadiran Alexa atau Google Home, tetapi ia mengatakan bahwa teknologi semacam itu akan datang.

“Mereka akan menghubungkan dan menyinkronkan semua perangkat Anda dengan cara yang cerdas, baik di rumah maupun di kantor, dan memungkinkan mereka untuk bertukar data,” kata Gates tentang teknologi tersebut.

4. Keuangan online

Ingatkah kalian pada masa-masa ketika orang harus pergi ke bank untuk menabung, melakukan transaksi, atau sekadar mengecek kondisi finansial tabungan? Itu semua sudah benar-benar berlalu sekarang, bahkan sejak peralihan dari generasi X ke Y atau milenial, berbagai transaksi keuangan kini cukup dilakukan melalui perbankan online.

“Orang-orang akan membayar tagihan mereka, mengurus keuangan mereka, dan berkomunikasi dengan dokter mereka melalui internet,” ramal Gates dulu.

5. Sistem pemantauan rumah

Banyak orang kini mengenal sistem pemantauan rumah berupa CCTV. Gates sudah memprediksi penggunaan teknologi ini akan mulai marak di akhir tahun 1990-an.

“Feed tayangan video mengenai kondisi rumah akan menjadi hal yang umum. Video akan memberi tahu Anda ketika seseorang berkunjung saat Anda tidak di rumah,” katanya.

6. Media sosial

Sekitar 25 tahun lalu sulit, tidak ada yang namanya Instagram, Snapchat, Twitter, dan Facebook. Orang-orang harus menggunakan telepon rumah untuk menghubungi keluarga dan teman saat akan mengatur pertemuan.

“Situs web pribadi untuk teman dan keluarga Anda akan menjadi hal yang umum, memungkinkan Anda untuk mengobrol dan merencanakan acara,” prediksi Gates.

7. Iklan pintar

Saat ini cukup umum melihat iklan muncul di media sosial. Iklan-iklan ini menampilkan produk yang memang kalian sedang cari.

Jauh sebelum masa ini tiba, Gates pernah mengatakan, “Perangkat akan memiliki iklan pintar. Perangkat akan mengetahui tren pembelian Anda, dan akan menampilkan iklan yang disesuaikan dengan preferensi Anda.”

Simak Video: Bill Gates Pernah Prediksi soal Monkeypox Darurat Kesehatan

[Gambas:Video 20detik]



Membagikan
Exit mobile version