Minggu, Oktober 6

Jakarta

Hemoglobin atau disingkat Hb merupakan protein di sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, Hb juga berperan dalam membawa karbondioksida keluar dari sel dan menuju paru-paru untuk dikeluarkan.

Bagi ibu hamil, volume darah akan meningkat sekitar 30-50% karena kebutuhan oksigen untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Maka dari itu, penting bagi ibu hamil untuk menjaga kadar Hb agar tetap normal.

Jika kadar Hb di bawah batas normal, hal tersebut bisa memicu anemia atau kekurangan darah. Untuk mengatasinya, disarankan mengkonsumsi makanan yang dapat menambah Hb.


Lantas, apa saja makanan penambah Hb bagi ibu hamil? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Makanan Penambah Hb bagi Ibu Hamil

Ada sejumlah makanan seperti buah dan sayuran yang dapat menambah kadar Hb bagi ibu hamil. Mengutip Healthline dan NDTV, berikut daftar makanannya:

1. Bayam

Makanan yang pertama ada bayam. Sayuran hijau ini dikenal mengandung zat besi tinggi sehingga dapat mencegah anemia.

Sebagai informasi, zat besi sangat baik untuk membentuk hemoglobin dalam darah. Apabila ibu hamil kekurangan zat besi dan asam folat, maka bisa terkena anemia.

2. Kacang Hijau

Kacang hijau juga dapat menambah kadar Hb bagi ibu hamil. Sebab, kacang hijau kaya akan zat besi, asam folat, dan vitamin C yang mampu meningkatkan hemoglobin.

Selain itu, kacang hijau juga menyehatkan tubuh karena mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B6, kalium, kalsium, magnesium, dan natrium.

3. Daging Merah

Mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi juga dapat menambah Hb bagi ibu hamil. Sebab, daging sapi mengandung zat besi yang tinggi serta kaya akan protein.

Namun, sebaiknya pilih bagian daging tanpa lemak untuk dikonsumsi ibu hamil karena lebih sehat.

4. Ayam

Ayam juga bisa menjadi pilihan alternatif selain daging merah untuk menambah kadar Hb. Sama halnya seperti daging merah, disarankan mengkonsumsi daging ayam rendah lemak dengan cara direbus serta dibuang kulitnya.

5. Brokoli

Sayuran hijau lainnya yang dapat membantu meningkatkan kadar Hb adalah brokoli. Sebab, brokoli kaya akan asam folat dan zat besi yang baik untuk tubuh.

Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi. Disarankan mengkonsumsi brokoli dengan cara direbus agar kandungan nutrisinya masih terjaga.

6. Kentang

Selain kaya akan karbohidrat, kentang juga mengandung zat besi tinggi. Maka dari itu, kentang dapat membantu menambah kadar Hb bagi ibu hamil.

Agar lebih sehat dan kandungan gizinya tidak hilang, sebaiknya olah kentang dengan cara direbus atau dikukus.

7. Pisang

Buah yang satu ini ternyata juga dapat menambah kadar hemoglobin, lho. Sebagai informasi, pisang mengandung zat besi tinggi yang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah.

Pisang juga dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi, seperti asam folat, serat, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan.

8. Jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Nah, kandungan vitamin tersebut dapat membantu proses penyerapan zat besi di dalam tubuh, sehingga dapat menambah kadar hemoglobin.

9. Apel

Apel juga bisa dijadikan pilihan alternatif kalau bosan mengkonsumsi jeruk dan pisang. Selain menyegarkan, apel mengandung zat besi tinggi, antioksidan, flavonoid, dan kaya serat.

Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu menambah Hb bagi ibu hamil sekaligus mencegah terserang anemia.

10. Madu

Madu sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu bahan alami yang berkhasiat untuk tubuh, salah satunya menambah Hb dalam darah. Madu mengandung zat besi yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin serta mencegah anemia.

11. Delima

Delima atau pomegranate juga dapat membantu menambah kadar hemoglobin. Sebab, delima kaya akan sumber zat besi serta mengandung vitamin A, C, dan E yang tinggi.

Delima juga mengandung asam askorbat yang dapat meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh.

12. Semangka

Di dalam sepotong semangka ukuran sedang ternyata mengandung zat besi sekitar 1,5 gram. Hal ini baik untuk menambah hemoglobin dalam darah serta mencegah terserang anemia bagi ibu hamil.

Lalu, semangka juga mengandung vitamin C tinggi yang berguna untuk menyerap zat besi di dalam tubuh.

13. Anggur

Buah yang satu ini juga baik dikonsumsi bagi ibu hamil ketika kadar Hb-nya di bawah normal. Soalnya, anggur mengandung asam folat dan vitamin A tinggi. Kedua nutrisi tersebut dapat membentuk sel darah merah di dalam tubuh.

14. Stroberi

Walau rasanya sedikit asam, namun stroberi memiliki khasiat yang baik untuk tubuh dalam membentuk sel darah merah. Hal itu berkat kandungan antioksidan yang tinggi pada stroberi.

Tak hanya itu, kandungan antioksidannya juga dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, sehingga dapat meminimalisir risiko penyakit berbahaya.

15. Jambu Biji

Makanan penambah Hb bagi ibu hamil yang terakhir adalah jambu biji. Buah yang satu ini ternyata kaya akan zat besi, sehingga dapat menambah sel darah merah.

Disarankan mengkonsumsi jambu biji berwarna merah karena mengandung vitamin C yang lebih tinggi, sehingga dapat membantu penyerapan zat besi di tubuh.

Kadar Hb Normal Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, penting untuk menjaga kadar hemoglobin agar tetap normal. Menurut WHO, jika kadar Hb pada ibu hamil kurang dari 11 g/dL, maka bisa memicu gejala anemia.

Perlu diketahui, kadar Hb normal pada ibu hamil memiliki perbedaan tergantung dari trimester usia kehamilan. Mengutip Primaya Hospital, berikut penjabarannya:

  • Trimester pertama: 11,6-13,9 g/dL
  • Trimester kedua: 9,7-14,8 g/dL
  • Trimester ketiga: 9,5-15 g/dL.

Jika ibu hamil memiliki kadar Hb di rentang 8-11 g/dL, maka bisa memicu anemia ringan. Sedangkan jika hemoglobin kurang dari 8 g/dL, maka bisa mengalami anemia berat.

Itu dia 15 makanan penambah Hb bagi ibu hamil yang terdiri dari sayuran, buah, dan daging. Jadi, usahakan tetap menjaga hemoglobin pada batas normal, ya.

(ilf/fds)

Membagikan
Exit mobile version