Kamis, Juli 4


Jakarta

Kebanyakan orang mungkin gemar menyetel lagu untuk meningkatkan mood saat sedang melakukan berbagai kegiatan, tak terkecuali saat traveling. Apalagi ketika dalam perjalanan menuju destinasi tujuan, mendengarkan lagu menjadi hiburan tersendiri untuk mengusir rasa bosan.

Karaoke bareng keluarga, teman atau pacar di mobil juga bisa jadi agenda seru saat liburan. Nah, dalam artikel ini detikTravel telah merangkum berbagai pilihan judul lagu yang cocok untuk menemani liburan kamu. Check it out!

15 Rekomendasi Lagu untuk Traveling

Mulai dari lagu lokal, Barat, hingga lagu K-Pop, berikut daftar rekomendasi lagu yang bisa bikin suasana liburan kamu semakin seru dan mengasyikkan:


1. Forget Jakarta – Adhitia Sofyan

Judul lagu pertama yang pas untuk menemani liburan adalah lagu lokal berjudul Forget Jakarta oleh penyanyi Adhitia Sofyan. Sesuai judulnya, lagu ini cocok banget didengarkan bagi kamu yang hendak berlibur ke luar kota dan melepas penat sejenak dari hiruk-pikuk kota Jakarta.

Mendengar alunan gitarnya yang tenang dan selow sambil menatap pemandangan menuju bandara atau selama di kereta bakal bikin rasa capek setelah bekerja sehari-hari hilang seketika.

2. Di Atas Awan – Nidji

Lagu Di Atas Awan yang dibawakan oleh Nidji merupakan soundtrack dari film perjalanan berjudul “5 CM”. Layaknya kisah para sahabat dalam film 5 CM yang mendaki Gunung Semeru, nada upbeat dan energik dari soundtrack ini bisa didengarkan sebagai penyemangat di kala menanjak gunung bersama teman-teman.

3. Setapak Sriwedari – Maliq & D’Essentials

Lagu-lagu dari band lokal satu ini tentu sudah tidak asing didengar di kalangan masyarakat, terutama anak muda. Bagi detikers penggemar Maliq & D’Essentials, lagu Setapak Sriwedari bisa jadi pilihan untuk menemani perjalanan liburan bersama pasangan. Pasalnya, lagu romantis ini bercerita tentang perasaan sepasang kekasih yang tengah menikmati keindahan alam semesta.

4. Kereta Kencan – HiVi

Judul lagu berikutnya yang nggak kalah seru untuk menghibur di kala traveling yaitu lagu Kereta Kencan dari HiVi. Dirilis pada tahun 2017 dalam album berjudul sama, lagu Kereta Kencan menceritakan tentang seseorang yang selalu setia menemani kita saat sedih maupun senang. Lantunan melodi dan liriknya yang ceria dan berbunga-bunga siap menghidupkan suasana selama perjalanan.

5. Yogyakarta – Kla Project

Siapa yang tidak mengenal lagu legendaris ini? Meski tergolong lagu lawas tahun 90-an, lagu Yogyakarta yang dibawakan oleh band Kla Project tetap asik didengarkan hingga saat ini. Bagi kamu yang lagi berlibur ke kota Jogja, lagu satu ini wajib masuk dalam playlist.

6. I’m Yours – Jason Mraz

Lagu pop barat satu ini mungkin sudah familiar di kalangan anak generasi 2000-an. Bagaimana tidak, single I’m Yours dari Jason Mraz yang dirilis pada tahun 2008 lalu ini sempat merajai tangga lagu dunia dan seringkali diputar di radio.

Berkat popularitasnya, lagu I’m Yours bahkan pernah dinominasikan untuk kategori Song of The Year dan Penampilan Vokal Pop Pria Terbaik di ajang musik bergengsi, Grammy Awards ke-51 pada tahun 2009. Nadanya yang santai sangat cocok untuk menemani waktu liburan di pantai.

7. Welcome to My Paradise – Steven and The Coconut Treez

Omong-omong soal lagu untuk traveling rasanya tak lengkap tanpa menyebut lagu bertajuk Welcome to my Paradise. Meski dinyanyikan dalam bahasa Inggris, lagu ini ternyata merupakan karya dari grup musik reggae asal Jakarta bernama Steven and The Coconut Treez.

Lagu yang dirilis pada tahun 2005 ini berhasil membangkitkan kembali gairah industri musik reggae di tanah air setelah kepopuleran lagu Anak Pantai oleh penyanyi Imanez pada tahun 1994.

8. Adventure of a Lifetime – Coldplay

Dilihat dari judulnya saja, vibes lagu ini sangat pas untuk menemani kamu berpetualang bersama keluarga atau sahabat. Dirilis pada tahun 6 November 2015, lagu Adventure of a Lifetime termasuk single utama dari album studio ke-7 Coldplay bertajuk A Head Full of Dreams. Sampai saat ini, musik video Adventure of a Lifetime telah ditonton hingga 1,5 miliar kali di platform YouTube Coldplay.

9. It’s Not Living If It’s Not With You – The 1975

Its Not Living If It’s Not With You adalah sebuah lagu yang dibawakan oleh grup musik asal Inggris yaitu The 1975. Lagu ini dirilis pada 2018 dan merupakan single ke-11 dari album “A Brief Inquiry Into Online Relationships”.

Meski telah dirilis sejak 5 tahun lalu, popularitas lagu It’s Not Living If It’s Not With You mulai melejit setelah ramai digunakan oleh netizen di sosial media. Di platform TikTok sendiri audio resmi lagu karya The 1975 ini telah digunakan sebanyak 14,6 juta kali. Kalau lagi liburan, jangan sampai skip memasukkan lagu ini dalam playlist Spotify kamu ya.

10. Closer – The Chainsmokers, Halsey

Berkolaborasi dengan penyanyi Amerika ternama Halsey, lagu Closer merupakan salah satu lagu dari duo DJ The Chainsmokers yang sempat booming pada tahun 2016. Lagu bergenre electro pop ini memiliki lirik serta ritme catchy yang cocok untuk dinikmati dan dinyanyikan di mobil saat liburan bareng pasangan atau sahabat. Recommended banget deh buat masuk playlist lagu Barat untuk traveling.

11. As If It’s Your Last – Blackpink

Bergeser ke lagu K-Pop, lagu As If It’s Your Last dari girl group populer Blackpink bisa jadi pilihan lagu yang asyik untuk menemani momen liburan kamu. Sebagai informasi, As If Its Your Last merupakan lagu single dari Blackpink yang dirilis pada tahun 2017. Iramanya yang upbeat dan liriknya yang asik bakal mengajak kamu untuk seru-seruan menikmati setiap momen liburan seolah-olah tak ada hari esok.

12. Way Back Home – Shaun

Lagu berbahasa Korea selanjutnya yang wajib masuk dalam playlist lagu traveling antara lain adalah Way Back Home. Lagu ciptaan solois bernama Shaun ini dirilis pada 2018 sebagai single pertama dari albumnya yang bertajuk “Take”.

Lagu Way Back Home sempat trending di kalangan publik beberapa waktu lalu dan di platform Spotify sendiri, lagu ini kini sudah didengarkan hingga 212 juta kali. Sesuai judulnya, lagu Way Back Home paling pas diputar dalam perjalanan kembali ke rumah setelah liburan.

13. Lilac – IU

Solois wanita berbakat asal Korea yaitu IU juga mempunyai lagu yang cocok untuk didengarkan saat liburan, judulnya adalah “Lilac”. Lagu ini bisa menjadi soundtrack sempurna buat menemani kamu saat bersantai di pantai atau saat beristirahat di kamar hotel. So, buat kamu yang belum dengerin lagu IU satu ini, cuss langsung masukkan ke dalam playlist ya.

14. Butter – BTS

Dilansir dari laman Kpoplife, Butter merupakan single pop berbahasa Inggris milik boyband BTS yang dirilis pada 2021 lalu. Sejak dirilis, lagu ini dengan cepat melejit di tangga lagu internasional dan digandrungi oleh kalangan masyarakat, termasuk mereka yang bukan Kpopers. Irama lagu Butter yang easy listening dan energik bakal bikin mood kamu happy selama di perjalanan liburan.

15. Our Summer – TXT

Lagu terakhir yang tak boleh ketinggalan dalam daftar lagu untuk traveling adalah lagu Our Summer oleh boy grup TXT. Lagu ini berasal dari album debut TXT bertajuk “The Dream Chapter: STAR” yang dirilis pada tahun 2019. Mengutip dari laman Genius, lagu Our Summer menggambarkan kebersamaan antara dua orang yang terasa seperti sedang berada di musim panas yang menyenangkan. Dilihat dari judulnya, Our Summer bisa menjadi pilihan lagu yang tepat untuk menemani waktu liburan di tengah cuaca panas pantai.

Nah, itu dia deretan rekomendasi lagu yang cocok didengarkan saat traveling. Lagu traveling favorit kamu yang mana nih detikers?

(row/row)

Membagikan
Exit mobile version