Rabu, Oktober 9

Jakarta

Musim hujan telah tiba. Cuaca dingin dan kehujanan mungkin membuat tubuh menggigil atau bahkan bisa membuat sakit.

Salah satu cara menangani hal ini adalah dengan minum minuman hangat. Simak artikel ini untuk mengetahui 11 minuman yang cocok untuk musim hujan biar badan tetap hangat.

Minuman Penghangat Badan di Musim Hujan

Berikut ini 11 minuman yang cocok untuk musim hujan yang bisa kamu coba agar badan hangat dan mencegah sakit.


1. Wedang Jahe

Wedang jahe. Foto: Getty Images/iStockphoto/AmalliaEka

Jahe merupakan bahan yang paling sering digunakan untuk membuat minuman penghangat badan. Yang paling simpel adalah dengan menyeduh jahe dengan air panas sehingga menjadi wedang jahe.

Dilansir dari situs Dinas Kesehatan DIY, jahe memiliki banyak manfaat, antara lain mengatasi penyakit lambung, perut kembung, dan mengurangi nyeri pada beberapa kondisi penyakit.

2. Kopi Jahe

Wedang Kopi Jahe Foto: Getty Images/iStockphoto/Karaidel

Variasi lain dari wedang jahe adalah kopi jahe. Minuman ini cocok buat kalian yang hobi ngopi. Selain bikin melek, wedang kopi jahe juga bisa menghangatkan badan saat hujan.

3. Jahe Jeruk Kencur

Wedang jahe jeruk. Foto: Instagram @chezmoisg

Detikers juga bisa membuat wedang jahe kencur jeruk atau yang sering disingkat JKJ. Tambahan kencur juga memberi manfaat seperti meredakan batuk, radang, nyeri, hingga menyembuhkan luka. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Ronde

Wedang Ronde. Foto: Istimewa

Wedang ronde juga mengandung bahan jahe yang bisa menghangatkan badan. Dalam semangkuk ronde terdapat air campuran jahe, bulatan kenyal berisi kacang, kolang-kaling, dan kacang tanah. Di Tionghoa wedang ronde disebut dengan tangyuan.

5. Asle/Angsle

Wedang angsle. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Wedang asle atau angsle biasanya juga dijual oleh pedagang wedang ronde. Minuman hangat ini berbeda dengan ronde. Rasanya lebih manis dengan paduan kuah santan. Isinya yakni sagu mutiara, kacang, roti tawar, ketan, dan kacang hijau.

6. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh. Foto: Pinterest/JustinClara

Di Jawa, terdapat minuman penghangat badan yang khas, yaitu wedang uwuh. Uwuh sebenarnya berarti sampah. Dinamai demikian karena bahan-bahannya dari daun kering dan bahan-bahan herbal lain yang tampak seperti uwuh saat dicampurkan dalam cangkir.

Isiannya antara lain jahe, kayu manis, cengkeh, kapulaga, serai, secang, dan gula. Selain menghangatkan badan, wedang uwuh juga dapat menurunkan kadar kolesterol, mengatasi masalah pencernaan, hingga melancarkan sirkulasi darah.

7. Bandrek

Wedang Bandrek. Foto: iStock

Masyarakat Sunda memiliki minuman tradisional bandrek yang terdiri dari jahe yang dibakar, gula merah, gula pasir, cengkeh, kayu manis, dan daun pandan. Bandrek bisa disajikan dengan tambahan kental manis.

8. Bajigur

Bajigur. Foto: Instagram

Bajigur mirip dengan bandrek. Bahan pembuatnya antara lain jahe, gula merah, dan gurih santan. Beda bajigur dengan bandrek adalah adanya tambahan santan pada bajigur.

Manfaat bajigur antara lain baik untuk kesehatan tulang, mengendalikan tekanan darah, dan memperlancar sistem pencernaan.

9. Wedang Pokak

Wedang pokak. Foto: istimewa

Wedang pokak adalah minuman rempah yang terdiri dari cengkeh, kayu manis, buah pekak, serai, hingga merica bubuk. Manfaat dari wedang pokak adalah untuk meredakan flu, batuk, masuk angin, demam, dan menurunkan kolesterol.

10. Cokelat Hangat

Cokelat panas. Foto: Instagram

Minuman yang cocok untuk musim hujan selanjutnya adalah cokelat hangat. Kamu bisa menambahkan gula, susu, vanila, kayu manis, krim kocok, hingga marshmallow mini secukupnya. Cokelat juga dapat meningkatkan mood.

11. STMJ

STMJ. Foto: Istimewa

Terakhir ada STMJ yang merupakan singkatan dari susu, telur, madu, jahe. Susu yang dipakai adalah susu sapi murni, ditambah kuning telur, madu, dan jahe. Selain menghangatkan tubuh, STMJ juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, hingga berbagai manfaat lainnya.

Itulah 11 minuman yang cocok untuk musim hujan. Tak hanya menghangatkan badan, tetapi minuman ini juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

(bai/inf)

Membagikan
Exit mobile version