Senin, Oktober 28


Jakarta

Bepergian dengan pesawat menjadi pilihan populer, karena nyaman dan bisa menjangkau banyak tempat. Apalagi banyak maskapai dan jasa traveling menyediakan tiket murah bagi calon penumpang.

Dengan tiket yang tidak terlalu mahal, penumpang jadi lebih mudah mengatur itinerary selama liburan atau perjalanan lainnya. Dengan keuntungan ini, bagaimana caranya agar dapat tiket pesawat murah?

Cara agar Bisa Pesan Tiket Pesawat Murah

Beberapa cara agar bisa memesan tiket murah di antaranya dengan memesan di hari kerja, ikut travel fair, dan memantau medsos maskapai. Begini penjelasannya


1. Pesan Tiket di Hari Kerja

Umumnya, tiket di weekdays akan lebih mudah daripada weekend. Sebab, pemesanan tiket pada hari kerja tidak sepopuler akhir pekan.

Beberapa situs pemesanan tiket pesawat menampilkan tampilan kalender dengan harganya. Dengan ini, kamu bisa memilih harga yang lebih murah.

2. Pesan Jauh-jauh Hari Sebelum Berangkat

Pesan tiket lebih awal sebelum hari keberangkatan. Menurut laman Save The Student, tiket pesawat cenderung lebih murah saat pertama kali dirilis.

Apalagi jika traveler ingin bepergian selama masa liburan. Harga-harga ini bisa meroket dengan cepat. Jadi, pastikan kamu membooking tiket lebih awal.

Disarankan untuk memesan setidaknya 28 hari sebelum hari keberangkatan. Data menunjukkan bahwa penghematan bisa mencapai 24 persen di waktu tersebut. Sementara, untuk penerbangan internasional, pemesanan 60 hari sebelum keberangkatan cenderung memberi harga terbaik dan lebih hemat sekitar 10 persen.

3. Bandingkan Harga di Berbagai Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat

Laman Easy My Trip menyarankan, gunakan berbagai situs web atau aplikasi pemesanan tiket pesawat daring. Selanjutnya buat perbandingan harga tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan. Setelah memeriksa semuanya, pesan tiket pesawat dengan harga termurah.

4. Beli Tiket Lewat Agen Perjalanan

Membeli tiket lewat agen perjalanan bisa lebih murah. Meski begitu, promo ini mungkin diberikan dengan persyaratan. Menurut buku 15 Cara Teratas untuk Menghemat Uang karya Eagle Oseven, contohnya ada tiket yang dijual murah jika dibeli dalam jumlah banyak atau hanya berlaku dalam waktu tertentu.

5. Cek Google Flights

Menurut laman Forbes, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mendapat tiket pesawat murah lewat Google Flights. Pertama, perluas area bandara keberangkatan dan kedatangan. Dalam hal ini, pengguna bisa memasukkan beberapa bandara keberangkatan dengan dipisah tanda koma dalam sekali pencarian.

Kedua, gunakan fitur “price” untuk menyaring armada mana yang paling cocok sesuai budget. Ketiga, lihat harga penerbangan selama 12 bulan di kolom tanggal.

6. Pilih Tiket Pesawat dalam Paket Liburan

Dalam paket liburan kemungkinan ada diskon penerbangan dan akomodasi. Sebab perusahaan perjalanan akan memesan tiket dalam jumlah besar, maka diskon yang didapat juga besar.

7. Pilih Maskapai Bertarif Rendah

Maskapai Low Cost Carrier (LCC) atau bertarif rendah dapat kamu pilih agar mendapat tiket murah. Namun, jika ingin memakai bagasi, traveler akan dikenakan biaya lagi. Sehingga, kalau kamu berniat membawa banyak barang, bandingkan harga maskapai ini dengan maskapai full service yang tiketnya mencakup bagasi.

8. Cek Akun Medsos Maskapai

Ikuti media sosial berbagai maskapai. Akun-akun maskapai penerbangan biasanya akan membagikan informasi perjalanan beserta promonya.

9. Langganan Newsletter Travel Agent

Untuk mendapatkan tiket pesawat murah, langganan newsletter travel agen bisa membantu. Pasalnya kamu bisa mendapatkan penawaran dan diskon menarik yang sesuai dengan rencana perjalananmu.

10. Gabung dengan Komunitas Pencari Tiket Murah

Kamu bisa menemukan komunitas pencari tiket murah di berbagai platform, seperti WhatsApp, Facebook, Telegram, dan lain sebagainya. Nantinya banyak orang yang berbagi informasi mengenai tiket murah.

11. Ikut Travel Fair

Cara selanjutnya untuk bisa memesan tiket pesawat murah adalah dengan mengikuti travel fair. Dalam event tersebut, traveler bisa mendapat informasi tentang berbagai promosi perjalanan.

Itulah sejumlah cara agar bisa pesan tiket pesawat murah. Selamat mencobanya detikers.

(row/row)

Membagikan
Exit mobile version