Sabtu, Oktober 26


Jakarta

Sudah bukan hal baru jika bandara menerapkan pengamanan yang ketat bagi siapa saja yang ingin naik pesawat. Di antaranya adalah dengan melakukan pengecekan x-ray, pendeteksi logam, hingga pengecekan manual.

Jika detikers ingin naik pesawat, ada baiknya mengetahui apa saja barang yang yang tidak lolos x-ray bandara dan pengecekan keamanan lainnya. Dengan demikian, detikers bisa mengantisipasinya agar proses pengecekan berlangsung lancar dan tidak menghabiskan waktumu.

Simak artikel ini untuk mengetahui apa saja barang yang yang tidak lolos x-ray bandara dan pengecekan keamanan lainnya.


Apa Saja Barang yang Tidak Lolos X-Ray dan Pengecekan Bandara?

Berikut ini 10 barang yang tidak lolos x-ray bandara dan pengecekan petugas keamanan:

1. Logam dan Benda Berbahaya

Berdasarkan situs All Nippon Airways (ANA) Jepang benda berbahan logam dan benda-benda berbahaya bisa terdeteksi di x-ray dan akan membuatmu bermasalah. Benda ini antara lain pisau, gunting, cutter, obeng, pisau tentara, pemukul bisbol, stik golf, senjata api, bahkan senjata mainan.

2. Ikat Pinggang

Dilansir dari Smarter Travel, ikat pinggang juga dapat terdeteksi oleh alat pendeteksi logam. Usahakan untuk memakai celana yang pas, sehingga tidak perlu memakai ikat pinggang.

Ikat pinggang juga terkadang menjadi tempat untuk menyelipkan benda-benda tertentu, sehingga perlu diperiksa. Selain masalah keamanan, melepas dan memakai kembali ikat pinggang juga akan memakan waktu kalian.

3. Jam Tangan

Jam tangan pun bisa menjadi menyita waktumu saat melewati pengecekan petugas. Selain karena masalah logam, jam tangan juga bisa dicurigai menjadi senjata canggih dengan jarum-jarumnya.

4. Perhiasan Logam

Perhiasan logam juga sering kali membuat langkah calon penumpang terhenti cukup lama. Terkadang kita tidak sadar selalu memakai perhiasan yang berbahan logam, sehingga petugas akan mengecek satu per satu bagian tubuh yang terdeteksi logam.

5. Jaket

Sebelum sampai di tempat pengecekan, lepaskan jaket untuk dicek melalui x-ray. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada benda berbahaya di dalam jaket.

6. Sepatu yang Sulit Dilepas

Beberapa bandara taraf internasional akan akan melakukan pemeriksaan sedetail mungkin agar tidak ada barang yang diselundupkan, termasuk narkoba. Tak jarang ada petugas keamanan bandara meminta turis asing untuk melepas pakaian juga sepatu yang dikenakan.

Sepatu yang ketat atau sulit dilepas bisa menimbulkan kecurigaan petugas. Sebaiknya gunakanlah sepatu yang nyaman dan dapat dilepas dengan mudah agar waktumu tidak terhambat.

7. Topi dan Aksesoris Kepala

Topi dan aksesoris kepala juga mungkin membuat kamu tidak lolos pengecekan keamanan. Topi harus dilepas dan dilewatkan ke x-ray agar terlihat tidak ada benda yang disembunyikan di dalamnya.

Demikian juga aksesoris, seperti rambut ekstensi, jepit, atau bandana, mungkin saja mengandung sedikit logam yang dapat memicu bunyi bip. Untuk mengantisipasinya, tidak usah mengenakan benda-benda tersebut.

8. Inhaler

Dilansir dari Scan-X Security, Inhaler bagi sebagian orang adalah obat untuk pernapasan. Tapi membawa inhaler naik pesawat bisa jadi membuat masalah, sebab benda ini mengandung aerosol yang memicu masalah di pesawat.

Kasus seperti pernah terjadi di Bandara Stansted, London, Inggris, seperti dilansir detikTravel dari Mirror, Jumat (27/9/2024). Maka sebaiknya konsultasikan hal ini dengan pihak bandara dan maskapai terlebih dahulu sebelum berangkat.

9. Bra Berkawat

Mungkin detikers berpikir hal ini tidak mungkin menjadi masalah. Tapi terkadang bra berkawat memunculkan bunyi bip saat melewati pendeteksi logam. Tentu kalian tidak mau jika harus melepasnya di bandara, maka sebaiknya gunakan bra tanpa kawat.

10. Pembungkus Aluminium Foil

Mungkin terkesan aneh jika mempermasalahkan pembungkus dari aluminium foil. Bahan ini biasa digunakan dalam wadah rokok dan permen karet.

Tapi hal ini bisa jadi masalah karena bahan ini mengganggu x-ray bekerja. Bahkan detikers bisa dianggap sengaja membungkus benda dengan aluminium foil untuk menyamarkan barang selundupan.

11. Barang Selundupan

Terakhir, barang yang tidak lolos x-ray bandara adalah barang selundupan. Yang biasanya menjadi atensi petugas adalah narkoba, rokok ilegal, produk yang disembunyikan agar bebas pajak, dan binatang.

Selain itu, seperti dikutip dari situs Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, petugas pernah mendeteksi benda mencurigakan yang dibungkus wadah rokok melalui x-ray. Setelah dicek, ternyata isinya tanduk rusa yang diperjualbelikan.

Nah, itulah berbagai barang yang tidak lolos x-ray bandara dan bisa bermasalah saat pengecekan petugas keamanan bandara. Sebaiknya gunakanlah benda-benda yang tidak bermasalah agar perjalanan bisa lancar.

(bai/row)

Membagikan
Exit mobile version