Kamis, Oktober 3


Jakarta

Kemenhub memaparkan capaian kinerja sektor transportasi selama 10 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sekjen Kemenhub Novie Riyanto mengatakan, 10 tahun terakhir merupakan periode signifikan transformasi transportasi di Indonesia.

Hal itu dijabarkan dalam jumpa pers di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2024). Riyanto menegaskan, Kemenhub berkomitmen membangun sektor transportasi yang berkelanjutan.

“Kami ingin menyampaikan, 10 tahun terakhir merupakan periode transformasi yang signifikan bagi sektor transportasi di Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan konektivitas, mobilitas, dan aksesibilitas masyarakat,” kata Riyanto.


Dia menuturkan perjalanan membangun sektor transportasi di Indonesia masih panjang. Dia menyampaikan terima kasih atas informasi yang sampai ke masyarakat soal kemajuan transportasi di Indonesia.

“Perjalanan ini masih panjang. Namun, dengan semangat yang sama, kami berkomitmen untuk terus membangun sektor transportasi yang berkelanjutan. Kami berterima kasih atas kehadiran rekan media. Kami juga mengucapkan terima kasih ke rekan media karena sangat berarti bagi kami. Berkat rekan media, informasi mengenai sektor transportasi dapat tersampaikan kepada masyarakat luas,” kata dia.

Kemenhub memaparkan pencapaian sektor transportasi. (Brigitta/detikcom)

Riyanto turut berterima kasih kepada Menhub Budi Karya Sumadi. Dia berharap sinergi di jajaran Kementerian Perhubungan terus terjalin dan diperkuat demi kemajuan sektor transportasi di Indonesia.

Dalam jumpa pers ini, dijelaskan juga capaian Kemenhub melakukan pembangunan infrastruktur dan non-infrastruktur sejak 2015 hingga 2024. Pembangunan dilakukan tidak hanya Jawa-sentris, melainkan Indonesia-sentris dan mendukung proyek strategi nasional dan kawasan ekonomi khusus.

Salah satu yang dijelaskan adalah penyelenggaraan kapal ternak. Ditampilkan, pada 2015-2017, kapal ternak hanya memiliki satu trayek. Namun, pada periode 2018-2024, bertambah menjadi enam trayek dengan jumlah ternak yang dikirim sebanyak 277 ribu ekor.

Kemudian di sektor transportasi darat telah dibangun 6 terminal tipe A, kemudian dilakukan revitalisasi terminal tipe sebanyak 53. Adapun pembangunan 44 pelabuhan penyeberangan, 54 pelabuhan dilakukan rehabilitasi.

Di sektor udara, ada 27 pembangunan bandar udara baru, 64 dilakukan rehabilitasi. Di sektor perkeretaapian telah dibangun 55 jalur KA dan 25 jalur dilakukan peningkatan dan rehabilitasi.

Kemenhub juga menampilkan data soal rasio konektivitas nasional yang berdampak signifikan terhadap kontribusi PDB sektor transportasi dan pergudangan sebesar 63,50 persen.

Simak: Menhub Beberkan Sederet Capaian Pembangunan Transportasi Era Jokowi

[Gambas:Video 20detik]

(idn/dhn)

Membagikan
Exit mobile version