Minggu, Oktober 13

Jakarta

Selain siomay ayam atau udang, banyak juga yang suka siomay babi. Dikenal punya tekstur kenyal, padat, dan gurih, 10 siomay babi bisa ditemui di sini!

SIomay merupakan salah satu jenis dimsum yang konon berasal dari China.

Siomay versi Indonesia rata-rata menggunakan ikan tenggiri, udang, maupun ayam. Bentuknya juga diubah dari yang tadinya silinder, menjadi seperti bulat atau agak kotak tidak beraturan.


Namun, aslinya siomay terdiri dari cincangan daging yang dipadatkan, kemudian dibalut dengan kulit pangsit. Di tempat asalnya, siomay juga banyak menggunakan cincangan daging babi atau campuran antara daging babi dengan daging lain, bisa ikan, udang, ataupun ayam.

Di Jakarta sebenarnya ada beberapa penjual siomay babi. Bahkan, beberapa tempat sering jadi incaran banyak orang, sekalipun harganya mahal.

Berikut rekomendasi 10 siomay babi paling laris di Jakarta!

1. Siomay Atong

SIomay Atong jadi salah satu siomay babi yang legendaris di Jakarta. Foto: Instagram @christabellenanetta

Di kawasan Jalan Teluk Gong Raya, Penjaringan, Jakarta Utara, ada siomay babi legendaris yang sudah dijual puluhan tahun.

Penjual itu menawarkan siomay dalam dua bentuk, yaitu bulat dan panjang. Variasinya beragam, mulai dari siomay babi, telur rebus, tahu, kentang, kol, pare, hingga kulit babi.

Seporsi siomay dilengkapi dengan siraman bumbu kacang, kecap manis, dan taburan juhi yang membuat citarasanya semakin sedap.

Satu potong siomay babi ini dibanderol sekitar Rp 8.000.

2. Siomay Lim

Kalau main ke Pluit, Jakarta Utara, kamu bisa menemukan tempat makan siomay yang tidak kalah populer dan legendaris. Namanya, Siomay Lim yang sudah berjualan sejak tahun 1970-an.

Mereka menawarkan siomay babi yang lengkap dengan variasi lainnya, seperti pare, kol, kentang, hingga kulit babi kenyal. Bisa pesan satu porsi siomay babi campur yang harga satuannya dibanderol mulai dari Rp 10 ribu.

Memang harganya agak mahal, tetapi siomay di sini dikenal punya tekstur empuk dan kenyal. Siraman bumbu kacangnya juga melimpah dan agak pedas.

Lokasi tepatnya ada di jalan Taman Pluit Permai Timur No. 109.

3. Siomay Babi Iwan/Adi

Meski hanya dijual gerobakan motor, tetapi siomay babi ini sangat laku. Foto: Instagram @separuhakulemak

Siomay Babi Iwan atau Adi juga terkenal di Jakarta. Biasa dijual di sepanci besar di atas sepeda motor. Mereka sudah mulai berjualan sejak tahun 2008. Seharinya bisa ludes sampai 2.000 buah.

SIomay babi di sini punya ukuran besar dan isiannya padat. Ada pun pelengkap lainnya, seperti pare hingga kentang. Disajikan dengan bumbu kacang yang teksturnya sedikit kasar dan kental. Harga per buahnya dibanderol mulai dari Rp 5 ribuan.

Siomay gerobak motor ini bisa ditemui di Jl. Pancoran No.25, Glodok, Jakarta Barat. Buka setiap hari, pagi Ko Iwan buka pukul 09.00 – 13.00 WIB dan sore Ko Adi buka pukul 13.30 – 17.00 WIB.

4. Siomay Ayung

Siomay Ayung terkenal di PIK, satu buahnya dibanderol dengan harga Rp 16 ribu. Foto: Instagram @dailyculinary_168

Di kawasan Muara Karang hingga Pantai Indah Kapuk (PIK), terkenal siomay non-halal dari gerai bernama Siomay Ayung.

Gerainya memang sederhana, tetapi jangan terkejut dengan harga siomaynya. Satu buah siomay dibanderol dengan harga Rp 16.000. Terdiri dari olahan daging babi yang dicampur dengan ikan tenggiri.

Ukuran siomaynya juga cukup besar. Selain itu, ada pilihan siomay lainnya, mulai dari siomay tahu, siomay kentang, kulit babi, siomay telur, sampai siomay pare dan kol.

Jika ingin pesan satu porsi isi lima, harganya sekitar Rp 80.000.

5. Siomay Glodok

Bisa coba siomay glodok yang cukup besar dan kenyal. Foto: Instagram

Siomay babi satu ini terkenal di kawasan Glodok, Cengkareng, dan Pasar 8 Alam Sutera. Telah berjualan siomay sejak tahun 2016.

Satu potong siomay babinya punya ukuran cukup besar dan kenyal. Tampilannya lebih mirip seperti shumai dimsum dengan topping wortel di atasnya.

Harganya Rp 9 ribu per buah, tetapi bisa dipesan langsung dalam porsi besar seharga Rp 180 ribu per 20 buah siomay babi.

Bisa dipesan via ojek online maupun aplikasi e-commerce.

Rekomendasi siomay babi lainnya di Jakarta dapat dilihat pada halaman selanjutnya!

Simak Video “Bikin Kalap! Tempat Makan Murah di Gading Serpong yang Punya Aneka Sayur Enak
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version