Selasa, Juli 2

Jakarta

Di Bandung ada banyak toko roti legendaris yang sudah bertahan puluhan tahun. Sampai sekarang toko roti ini masih ramai disambangi foodies.

Kulineran di Bandung rasanya tidak lengkap tanpa mencicipi makanan tradisional maupun legendaris. Jenisnya tak hanya makanan utama, tapi juga roti yang sejak dulu menjadi panganan favorit orang Indonesia.

Berbagai resep roti ‘jadul’ yang dibuat dengan bahan sederhana dan teknik tradisional jadi keunggulannya. Toko roti legendaris di Bandung ini pun masih eksis sampai sekarang.


Berikut 10 toko roti legendaris di Bandung yang wajib disambangi foodies:

1. Sumber Hidangan

Foto: Steven Yulius Usman via Google Image

Di posisi 1 ada toko roti paling tua di Bandung, Sumber Hidangan yang berdiri sejak 1929. Lokasinya di Jalan Braga Nomor 20-22 dengan ciri khas interior klasik sejak zaman dulu.

Konon dulunya Sumber Hidangan adalah restoran Belanda bernama Het Snoephuis. Sampai sekarang toko roti ini masih eksis dengan menu-menu roti jadulnya. Beberapa di antaranya khas Belanda seperti bookepot, kattetong (lidah kucing), doublet, ananastaart (tart nanas), ontbijtkoek, kreentenbrod, hingga saucijsbrood.

2. Toko Sidodadi

Roti legendaris BandungFoto: Neng via Google Image

Toko Sidodadi juga tergolong toko roti legendaris di Bandung karena sudah ada sejak 1954. Kamu bisa menyambanginya di Jalan Otto Iskandardinata Nomor 255.

Saat mampir ke sini, kamu akan merasakan suasana nostalgia karena interiornya yang kuno. Roti yang ditawarkan di sini adalah versi yang tebal. Untuk isiannya ada cokelat, pisang, susu, pisang cokelat, hingga rasa baso sapi. Harganya sekitar Rp 5 ribuan saja per buah.

3. Bawean Bakery

Foto: Irawan Pras via Google Image

Di Jalan Bawean Nomor 4, Merdeka ada toko roti legendaris bernama Bawean Bakery sejak 1946. Dulunya bakery ini bernama Sweetheart yang berlokasi di Jalan Sumatera.

Lalu tahun 1974, bakery ini pindah ke Jalan Bawean dan mengubah namanya menjadi Bawean Bakery pada tahun 1995. Di sini tersedia lebih dari 40 jenis cake, roti, dan donat. Beberapa menu andalannya adalah Chocolade, Nougat Rolls, Mocha Tart, Picnic Roll, dan Tutti Frutti Cake.

4. Djie Seng

Foto: Gunawan via Google Image

Sejak 1950, bakery Djie Seng sudah berdiri. Di Bandung lokasinya ada di 4 titik, termasuk di Jalan Astana Anyar dan Jalan Terusan Pasir Koja. Varian paling terkenalnya, roti kadet yang mirip roti kasur.

Roti kadet tersedia dalam pilihan putih, hijau, dan hitam. Ada juga roti manis kemasan dengan pilihan isian cokelat, susu, pisang keju, sampai gandum kismis. Ada juga roti bakar asin atau manis yang bisa dipesan via ojek online.

5. Roti Gempol

Foto: Marissa Renata via Google Image

Berada di kawasan Gempol yang berisi banyak penjaja makanan enak, kamu bisa mampir ke Roti Gempol. Berdiri sejak tahun 1958, lokasi tepat toko roti ini di Jalan Gempol Wetan Nomor 14, Citarum, Bandung. Toko ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Menu andalannya, roti bakar gandum dengan beragam isian manis dan asin. Selain roti gandum, ada juga roti putih dan roti tawar. Harganya terbilang murah mulai dari Rp 17.000 hingga Rp 65.000 tergantung dari potongan perorangan atau ririungan (bersama).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version