Selasa, Juli 2

Jakarta

Mampu bertahan selama puluhan tahun, barisan restoran Chinese food legendaris di Jakarta ini tak pernah sepi dari pembeli.

Tak terhitung banyaknya restoran China legendaris yang ada di Indonesia. Salah satunya di kota besar seperti Jakarta, yang sampai sekarang masih banyak restoran-restoran legendaris berdiri.

Makanan yang disajikan juga tetap konsisten. Yaitu mengusung tema China peranakan yang sudah berpadu dengan bumbu dan rempah lokal, yang sesuai dengan selera orang Indonesia.


Deretan menu Chinese Food seperti fuyung hai, ayam kuluyuk atau mie goreng China tak pernah kehilangan pembeli. Racikan bumbu dan saus khas China yang autentik menjadikan makanan ini disukai oleh banyak kalangan.

Beberapa restoran China legendaris bisa dijumpai dengan mudah di Jakarta. Sebut saja salah satunya Trio, restoran yang bahkan sudah beroperasi tak lama setelah Indonesia merdeka yakni tahun 1947. Lalu ada juga restoran Eka Ria yang sudah ada sejak tahun 1925.

Berikut 10 restoran Chinese food legendaris dengan puluhan menu makanan yang enak dan bikin nostalgia.

1. Restoran Eka Ria

5 Menu Legendaris di Restoran Eka Ria yang Bertahan 97 Tahun Foto: detikFood

Restoran Eka Ria yang ada di Jakarta Pusat, berdiri sejak tahun 1925. Meskipun sebenarnya restoran ini sudah ada jauh sebelum tahun 1925, yang menandakan bahwa restoran ini mampu bertahan lebih dari 100 tahun.

Di Restoran Eka Ria, semua menu masih dimasak menggunakan resep keluarga Tjoeng Sang, pendiri restoran Jit Lok Jun yang merupakan nama awal restoran Eka Ria. Meski mengarah ke Kanton, tapi di sini semua makanannya sudah termasuk peranakan, karena menggunakan bumbu dan rempah lokal. Hingga mengusung beberapa makanan Chinese food yang digemaari oleh orang Indonesia.

Salah satu menu andalannya ada burung dara goreng, gundur tim, ayam goreng asam manis, hingga angsio he. Menu yang satu ini merupakan ikan goreng fillet digoreng garing dengan tepung tipis, lalu ditumis dengan saus asam manis dan taburan sayuran di atasnya.

2. Restoran Trio

10 Resto Chinese Food Legendaris di Jakarta yang Bikin Nostalgia10 Resto Chinese Food Legendaris di Jakarta yang Bikin Nostalgia Foto: Site Culinary/Visual

Jika melintas di kawasan Menteng Jakarta Pusat kamu bisa menemukan restoran Trio dengan mudah karena lokasinya persis berada di pinggir jalan. Bangunan restoran ini sederhana dengan dominasi warna hijau dan putih pada dinding serta pintunya.

Restoran Trio dibuka sejak tahun 1947. Mengandalkan hidangan China Kanton, Trio punya deretan menu seperti lumpia udang, mie goreng oriental, fuyung hai, ayam lada hitam dan sup asparagus. Semua menu ini diracik dengan bumbu yang sama secara turun temurun.

Tak heran kalau pelanggan restoran Trio berasal dari berbagai kalangan mulai dari masyarakat biasa, orang kantoran hingga pejabat. Kabarnya, mantan Gubernur Jakarta, Ali Sadikin menjadi salah satu pelanggan tetap restoran Trio. Meskipun harga makanan di sini terbilang agak mahal tetapi sebanding dengan rasa dan porsinya yang jumbo. Kisaran harganya dari Rp 80.000.

3. Paramount

10 Resto Chinese Food Legendaris di Jakarta yang Bikin Nostalgia Foto: Site Culinary/Visual

Berdekatan dengan restoran Trio, ada yang tak kalah legendaris, namanya Paramount. Restoran satu ini menempati bangunan yang lebih luas meskipun tetap mencerminkan kesan jadul pada desainnya.

Restoran Paramount sudah berdiri sejak 1970 dan hingga saat ini masih jadi pilihan tempat bersantap hidangan China autentik. Selain jadi tempat makan, area restoran yang luas menjadikan tempat ini kerap dipilih untuk menggelar pesta.

Menu andalan di restoran Paramount antara lain Sup jagung telur puyuh, lumpia Paramount ayam, udang kuluyuk hingga bistik saos tomat.

4. RM Akoen

10 Resto Chinese Food Legendaris di Jakarta yang Bikin Nostalgia Foto: @gakenyangkenyang

RM Akoen merupakan tempat makan Chinese food legendaris yang cukup populer di Jakarta. Tempat makan ini berdiri di pertengahan tahun 80-an. Kini gerainya bisa ditemui di wilayah Kebayoran Baru.

Mengusung konsep hidangan Chinese food yang klasik peranakan, RM Akoen punya beberapa menu andalan yang sayang untuk dilewatkan. Pertama ada menu Mie Yamien nya yang sangat enak dengan cita rasa gurih manis.

Kemudian ada juga Bistik Sapi gaya China yang siap memanjakan selera. Hampir semua makanan di sini jadi menu favorit para pelanggan setia. Setiap porsi yang disajikan juga cukup besar. Untuk kisaran harga per menunya sekitar Rp 50.000.

5. Mandala Baru

10 Resto Chinese Food Legendaris di Jakarta yang Bikin Nostalgia Foto: Site Culinary/Visual

Restoran Mandala Baru juga sudah eksis sejak tahun 1962. Restoran peranakan klasik yang satu ini letaknya di Mayestik dan setiap harinya selalu dipenuhi pengunjung. Selama puluhan tahun cita rasa makanan Chinese foodnya tak pernah berubah.

Makan di restoran ini, pengunjung akan dimanjakan berbagai jenis hidangan gaya China yang enak dan sedap. Salah satu menu andalannya ada Bistik Sapi, Mie Goreng, sampai Fuyunghai dengan saus asam manis.

Di sini menu Bistik Sapi disajikan dalam pan besar yang masih mengepul panas. Potongan daging sapi tepung yang digoreng garing, disajikan dengan kentang goreng, sayuran dan rendaman saus bistik. Kisaran harga menunya sekitar Rp 60.000.

Simak Video “Sudah Ada Sejak 1958, Begini Penampakan Restoran Ayam Tjap Benteng
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version