Senin, Juli 1

Jakarta

Obat herbal alami dianggap lebih aman dibanding pengobatan kimia karena komposisinya yang organik. Oleh karena itu metode ini selalu menjadi alternatif bagi beberapa orang untuk mencegah atau mengobati penyakit tertentu.

Misalnya untuk obat batuk, obat alami dalam bentuk rebusan daun banyak dimanfaatkan untuk meredakan batuk. Selain cara mencari bahannya yang mudah, cara membuat rebusan daun untuk obat batuk juga sangat mudah cukup dengan mengambil beberapa helai daun, rebus, lalu diminum beberapa kali sehari.

Rebusan Daun untuk Batuk

Nah untuk kamu yang sedang batuk dan ingin mencoba mengobati dengan rebusan daun, berikut 10 rebusan daun yang alami dan efektif redakan batuk!


1. Daun Sirih

Daun sirih telah dikenal sejak dulu sebagai obat herbal yang memiliki sejuta manfaat. Ini karena daun sirih memang mengandung banyak kandungan yang berkhasiat seperti minyak atsiri, antioksidan, flavonoid, fenol, tanin, iodin, vitamin C dan masih banyak lagi.

Melalui sifat antibiotik yang tinggi, daun sirih dapat meredakan sesak dada, batuk, pilek, hingga peradangan. Untuk membuat ramuan dari daun sirih kamu bisa merebus beberapa helai daun sirih dalam 2 gelas air, lalu tambahkan dengan beberapa rempah seperti kayu manis, kapulaga, dan cengkeh. Tunggu hingga menyusut menjadi setengahnya lalu minum ramuan ini 2-3 kali sehari.

2. Daun Saga

Tanaman saga adalah tanaman merambat yang tumbuh liar di hutan, ladang, atau halaman. Siapa sangka ternyata daun dari tanaman saga rambat memiliki khasiat yang luar biasa.

Mengutip Shari (2024) seorang peneliti dari Institut Kesehatan Hermina pada Indonesian Journal of Health Science, daun saga rambat mengandung senyawa yang memiliki manfaat sebagai antioksidan, antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi. Senyawa-senyawa tersebut termasuk flavonoid, saponin, alkaloid, dan tanin, yang memiliki efek antibakteri.

Kandungannya tersebut sangat bagus untuk mengobati batuk. Cara mengkonsumsinya juga sangat mudah hanya dengan merebus daun saga lalu meminumnya 3 kali sehari.

Tetapi perlu diingat, menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/187/2017 tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia (FROTI) konsumsi daun saga berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

3. Daun Suji

Daun selanjutnya yang bisa dijadikan rebusan untuk batuk adalah daun suji. Sekilas daun ini mirip dengan daun pandan, tetapi daun suji memiliki warna yang lebih pekat tetapi tidak memiliki bau sekuat daun pandan.

Menurut Khino (2011) daun suji mengandung senyawa flavonoid dan terpenoid sehingga berkhasiat sebagai anti inflamasi atau anti radang. Selain itu kandungan alkaloid pada daun suji juga bisa mengobati batuk, infeksi tenggorokan hingga batuk berdarah.

Untuk mengkonsumsinya kamu bisa merebus atau menumbuk beberapa lembar daun suji, lalu meminum airnya secara teratur hingga batuk mereda.

4. Daun Timi

Daun timi adalah daun yang biasa digunakan sebagai bahan masak. Selain sebagai penambah aroma di masakan, daun timi memiliki sifat anti mikroba sebagai obat batuk.

Dilansir dari healthline (26/6/2024) terdapat sebuah penelitian pada tahun 2021 yang meneliti tentang efek ekstrak daun timi pada penderita batuk akut. Hasilnya ekstrak daun tersebut bisa mengurangi serangan batuk dan tingkat keparahannya.

Cara mengkonsumsinya adalah rebus beberapa helai daun timi lalu dinginkan dan ramuan siap diminum. Minumlah air rebusan daun timi sebanyak 4 kali sehari untuk meredakan batuk. Tetapi yang perlu diingat adalah air rebusan daun timi dilarang untuk ibu hamil serta pengidap alergi serbuk bunga dan seledri.

5. Daun Teh Hijau

Selain sebagai tanaman herbal, Teh hijau merupakan minuman tradisional populer yang telah dikonsumsi banyak orang. Tanaman ini berkhasiat untuk meredakan batuk, mengurangi sakit kepala, hingga membantu mengurangi berat badan.

Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, kamu cukup menyeduh 1 sendok daun teh hijau, lalu aduk dan tunggu sekitar 3 hingga 5 menit lalu minum. Walaupun tidak bisa menghilangkan suara serak, daun teh hijau terbukti bisa mengurangi batuk.

6. Daun Peppermint

Daun peppermint telah dipercaya sepanjang sejarah untuk berbagai keperluan seperti mengobati flu biasa, masalah pencernaan, dan sakit kepala.

Faktanya, dilansir dari PharmEasy (26/6/2024), daun peppermint memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan pereda nyeri. Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa membuat teh dari daun peppermint segar dengan menambahkannya ke dalam air mendidih, kemudian biarkan selama sekitar 5 menit dan saring sebelum diminum.

7. Daun Salam

Daun salam banyak ditemui sebagai pengharum makanan di masakan Indonesia. Siapa sangka selain sebagai pemberi aroma penambah nafsu makan, air rebusan daun salam juga memiliki berbagai khasiat salah satunya untuk meredakan batuk.

Ini karena daun salam mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin A, C, B6, kalsium, zat besi, mangan, dan serat. Dengan merebus dan meminumnya daun salam bisa bermanfaat meredakan batuk, hidung tersumbat, dan asma.

8. Daun Serai

Minuman tradisional dari rebusan serai atau teh serai memang dikenal memiliki banyak khasiat. Dilansir dari netmeds (26/6/2024) senyawa dalam serai yaitu geraniol dan citronellol merupakan antiseptik yang kuat dan bermanfaat untuk tubuh. Teh serai berkhasiat untuk meredakan batuk, flu biasa, mengatur tekanan darah, kram, hingga meredakan sakit perut.

Untuk membuat rebusan daun serai atau teh serai kamu cukup merebus beberapa helai serai, kamu juga bisa menambahkan rempah seperti kunyit atau daun tulsi. Minuman ini efektif untuk meredakan penyumbatan, lendir di dada, dan meredakan sakit tenggorokan.

9. Daun Pegagan

Salah satu obat herbal alami untuk batuk berdahak adalah daun pegagan. Daun ini mengandung polifenol dan flavonoid yang dapat melawan bakteri dan virus penyebab batuk. Selain itu, daun pegagan juga bermanfaat untuk mengatasi batuk kering.

Untuk meredakan batuk berdahak atau kering, kamu dapat merebus daun pegagan dan meminum airnya selagi hangat. Alternatifnya, kamu juga dapat mengunyah daun pegagan dan menelannya langsung.

10. Daun Oregano

Daun oregano memang jarang ditemui di Indonesia. Daun ini banyak tumbuh di daratan Mediterania, Asia Tengah, dan Asia Selatan. Daun ini juga sering digunakan sebagai rempah pada masakan Italia.

Selain sebagai campuran rempah, air rebusan daun oregano juga berkhasiat untuk mengobati segala jenis batuk. Ini karena kandungan anti-inflamasi, anti-bacterial, anti-viral, dan antioksidan yang terkandung dalam daun oregano.

Untuk mengkonsumsinya juga sangat mudah, cukup dengan menyeduh daun oregano kering lalu aduk dan minum.

Itu dia ulasan mengenai rebusan daun untuk batuk. Jika batuk semakin parah dan tak kunjung sembuh lebih baik segera hubungi dokter. Semoga bermanfaat.

(fds/fds)

Membagikan
Exit mobile version