Sabtu, Oktober 5

Jakarta

Tidak hanya drama dan musiknya, banyak komik Korea atau manhwa yang memiliki alur cerita bagus sehingga recommended untuk dibaca. Mulai komik bergenre romantis, fantasi, komedi, hingga aksi dan horor, semuanya ada.

Sejumlah manhwa juga telah diadaptasi menjadi drama maupun film. Contohnya, drakor True Beauty yang diangkat dari webtoon The Secret of Angel, Business Proposal dari komik The Office Blind Date, dan Itaewon Class dari manhwa berjudul sama.

Kalau tertarik dengan komik Korea, temukan sederet platform baca komik manhwa yang legal di bawah ini.


Dilansir Game Rant, berikut daftar situs baca manhwa resmi dan lengkap yang dapat kamu kunjungi:

1. Webtoon

Webtoon termasuk situs terpopuler untuk baca manhwa. Genre komik yang tersedia di sini lengkap. Sebagian komiknya bisa dinikmati secara gratis dan seri lainnya menggunakan sistem koin. Koin juga dapat dipakai kalau detikers ingin membuka episode tertentu lebih awal.

Sering kali terdapat promo pembelian koin serta event yang hadiahnya koin atau gratis akses manhwa. Selain itu, calon kreator yang ingin menerbitkan cerita indie bisa melalui Webtoon Canvas yang tersedia.

2. Manta

Di Manta, detikers dapat menemukan seri manhwa dengan rating tertinggi dan terpopuler. Sehingga kamu tidak perlu bingung memilih cerita yang ingin dibaca. Platform ini juga memiliki saran komik per hari jika mau menikmati cerita berbeda dari yang sedang populer.

Opsi langganan di Manta tidak seperti situs lainnya yang basis per episode. Di sini menyediakan paket bulanan senilai nominal tertentu untuk membaca semua manhwa. Alternatifnya, pembaca dapat memperoleh free pass untuk mengakses episode yang terkunci dalam waktu terbatas.

3. Tapas

Sama seperti platform lain, Tapas menyediakan berbagai pilihan manhwa untuk dibaca. Situs ini memiliki mata uang tersendiri yang dapat dibeli untuk membuka episode cerita dalam jumlah banyak sekaligus.

Disediakan juga akses gratis untuk membaca sejumlah seri dalam jangka waktu terbatas. Detikers bisa pula membuka episode secara cuma-cuma setelah menonton iklan. Platform ini menyediakan Tapas Creators bagi mereka yang ingin membuat manhwa indie sendiri.

4. Tappytoon

Tappytoon menggunakan sistem poin untuk membaca komik di platformnya. Sayangnya, harga paket poin di sini terbilang tinggi daripada situs lain. Namun detikers dapat memanfaatkan fitur tiket gratis dan Time Till Free untuk mengakses seri episode yang terkunci.

Selain komik, kamu bisa membaca novel di Tappytoon. Akan tetapi, platform ini baru menyediakan terjemahan dalam Bahasa Inggris, Perancis, dan Jerman untuk kontennya.

5. Pocket Comics

Detikers yang baru bergabung di Pocket Comics bisa menemukan manhwa unggulan dengan mudah. Terdapat daftar rekomendasi komik bagi pendatang baru, ranking seri tertinggi, dan manhwa yang baru dirilis pada halaman utamanya.

Platform ini mengunci episode dan memberlakukan 3-5 koin untuk membacanya. Di sisi lain diberikan banyak promo dan bonus menarik bagi pengguna untuk membaca episode yang tersedia.

6. Kakao Webtoon

Kakao Webtoon memberikan pengalaman baca manhwa yang mengesankan. Tampilan UI-nya menarik dan navigasi menuju episode berikutnya yang mudah. Di sisi lain, pilihan komiknya beragam dan banyak yang sedang naik daun.

Platform ini memiliki sistem Free If You Wait yang memungkinkan seri dapat dibaca secara gratis selama mereka menunggu rilisnya episode terbaru.

7. INKR Comics

Di INKR Comics berbagai pilihan komik tersedia. Untuk membaca manhwanya, platform ini menawarkan dua sistem: koin dan ink.

Koin untuk membeli episode secara permanen dan ink untuk menyewa seri komik sehingga bisa dibuka dalam jangka waktu terbatas. Langganan di situs ini juga kerap ditawarkan koin bonus dan ink gratis bulanan.

8. MangaToon

Tidak hanya manhwa, MangaToon menyediakan pilihan banyak manga (komik Jepang) dan manhua (komik Cina) bagi penggunanya. Untuk membaca konten yang tersedia, detikers dapat membukanya secara gratis dan sebagian perlu membayar.

Sayangnya, keberadaan iklan di platform ini bisa mengarahkan ke halaman afiliasi saat diklik sehingga kerap membuat pengguna jengkel.

9. Toomics

Tidak seperti situs lain, Toomics tidak menggunakan fitur poin untuk membuka kunci episode. Platform ini menawarkan penawaran baca tak terbatas melalui Toomics VIP.

Namun, harganya cenderung lebih mahal dan koleksi karyanya lebih sedikit. Pengguna juga perlu memverifikasi usia saat membuka sebagian kontennya.

10. Lezhin Comics

Lezhin menawarkan lebih banyak manhwa bergenre ‘dewasa’ dibanding platform lain. Tapi tenang, konten dewasanya diberi label khusus sehingga dapat dipilih-pilih.

Situs ini memakai sistem koin untuk membuka komiknya. Nominal koin dapat bervariasi tergantung faktor popularitas. Di sisi lain, pembaca bisa membuka manhwa terkunci secara gratis dengan fitur Wait Until Free-nya.

Nah, itu tadi sederet platform baca komik manhwa legal terlengkap yang dapat diakses. Kalau kamu tertarik membaca di platform yang mana nih?

(azn/inf)

Membagikan
Exit mobile version