Jumat, Oktober 4

Jakarta

Batuk adalah kondisi umum yang bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tak heran jika setiap orang ingin segera sembuh dari batuk, atau reda sementara hingga bisa beraktivitas.

Untuk meredakan batuk sementara atau membantu tubuh terasa lebih nyaman, rekomendasi minuman herbal ini mungkin bisa dicoba. Minuman bisa dikonsumsi sesuai kebutuhan.

10 Minuman Herbal Bantu Redakan Batuk

Dikutip dari situs Healthline, Verywellhealth, Thehealthy, dan Womens Health Magazine, minuman herbal tersebut adalah:


1. Teh Hijau

Minuman teh hijau diketahui memiliki segudang manfaat. Selain membantu meredakan batuk, teh hijau juga membantu mengobati sakit kepala dan menurunkan berat badan.

Ada beberapa cara untuk menyeduh teh hijau. Kamu bisa menggunakan daun teh hijau atau menyeduh langsung bubuk teh hijau yang sudah jadi. Kemudian, seduh daun atau bubuk teh hijau dengan air panas hingga larut selama 3-5 menit.

2. Teh Peppermint

Teh peppermint telah sejak lama digunakan untuk mengobati sakit flu, masalah pencernaan, dan sakit kepala. Hal ini karena teh peppermint mengandung antimikroba, antioksidan, dan pereda nyeri. Sejumlah penelitian membuktikan, teh ini dapat membantu meredakan infeksi flu dan sinus yang seringkali menjadi penyebab batuk.

3. Teh atau Air Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang sudah pasti ada di dapur rumah-rumah di Indonesia. Untuk membantu meredakan batuk, jahe bisa diracik dengan air hangat atau teh. Ramuan jahe berfungsi sebagai ekspektoran yang merangsang, mengencerkan, dan mengeluarkan lendir penyebab batuk dari paru-paru.

4. Teh Chamomile

Selain dapat memberikan efek rileks pada tubuh, teh chamomile juga berkhasiat membantu meredakan batuk. Zat-zat dalam chamomile memiliki efek antiinflamasi dan antiinfeksi yang membantu tubuh melawan penyakit penyebab batuk.

5. Teh atau Air Madu

Sebuah penelitian pada anak-anak di tahun 2018 menunjukkan, madu dapat mengurangi intensitas batuk. Untuk membuat minuman pereda batuk ini, kamu cukup mencampurkan 2 sendok teh madu dan perasan lemon dalam air hangat atau teh.

6. Air garam

Larutan air garam hangat merupakan salah satu cara pengobatan batuk alami yang disarankan. Cukup larutkan 1/2 sendok teh garam dapur dalam air, lalu berkumurlah selama beberapa detik, khususnya di bagian belakang tenggorokan kemudian ludahkan air garam tersebut.

7. Minuman susu dan madu

Cara lebih enak untuk mengobati batuk secara alami adalah dengan minuman susu dan madu. Sebuah studi di Italia membuktikan, menambahkan dua sendok teh madu dalam segelas susu membantu meredakan batuk dan memberi tambahan gizi untuk tubuh.

8. Jus Nanas

Khasiat jus nanas untuk mengurangi lendir dan melegakan tenggorokan sudah umum diketahui. Ramuan jus nanas, madu, garam, dan lada disebut dapat membantu meredakan batuk dengan efektif dan efisien. Manfaat lain adalah membantu penanganan tuberkulosis.

9. Air Kunyit Hangat

Rempah satu ini tidak hanya bermanfaat untuk kebutuhan masak, tetapi juga bermanfaat untuk mengobati batuk. Senyawa aktif kurkumin dalam kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi yang ampuh menuntaskan batuk kering.

10. Jus Apel Hangat

Cara terakhir untuk meredakan batuk secara enak dan alami adalah dengan meminum jus apel hangat. Apel sebagai sumber vitamin C sangat berpengaruh dalam mengatasi infeksi yang menyebabkan batuk. Selain itu, kandungan antioksidannya membantu mengurangi inflamasi di bagian tenggorokan dan saluran pernapasan.

Itu dia 10 minuman herbal alami sebagai alternatif obat sirup untuk meredakan batuk. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah ditemukan di rumah dan dibuat sendiri.

Jika batuk terus berlanjut atau semakin buruk, sebaiknya segera ke dokter untuk penanganan secepatnya. Penegakan diagnosis dan pengobatan sesegera mungkin dapat meningkatkan peluang sembuh.

Simak Video “Bikin Laper: Sensasi Unik Bebek Goreng Isi Bumbu Jahe
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Membagikan
Exit mobile version