Selasa, Juli 2

Pulau Sulawesi di sebelah timur Indonesia menyimpan aneka kuliner unik dengan cita rasa yang menggoyang lidah. Tak heran, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara tertarik berkunjung ke Sulawesi untuk mencicipi kuliner khasnya.

Mulai dari kudapan manis, hingga makanan pedas dan kaya rempah. Berikut sederet makanan asli Sulawesi yang tidak boleh kamu lewatkan.

Makanan Khas Sulawesi

Mengutip dari buku Makanan Khas Makassar oleh Nandia Kirana, Gastronomi Indonesia Sebagai Identitas Budaya dan Daya Tarik Wisata karya Suci Sandi Wahyuni, dan buku Makanan Tradisional Indonesia Seri 3 oleh Murdijati, dkk, berikut adalah beberapa menu makanan khas Sulawesi yang patut kamu coba:


1. Bubur Manado

Masakan bubur khas Manado. Foto:Radian Nyi Sukmasari

Tinutuan atau sering juga disebut bubur Manado adalah makanan khas dari wilayah Manado, Sulawesi Utara. Hidangan bubur ini sangat cocok disantap untuk menu sarapan pagi.

Nama tinutuan sendiri berasal dari bahasa Manado yang artinya campur aduk atau ‘semrawut’. Penamaan ini sesuai dengan cara masak bubur Tinutuan yang dicampur adukkan bersama berbagai jenis sayuran. Mulai dari beras, singkong, jagung, kemangi, daun gedi dan labu kuning (sambiki).

2. Ayam Budu-budu

Ayam budu-budu merupakan olahan sup khas Makassar yang terkenal akan kegurihan kuahnya. Rasa gurih dari kuah sajian ayam budu-budu berasal dari campuran rempah seperti asam jawa, jahe, merica, dan jeruk nipis. Sup berbahan dasar ayam kampung ini biasa dihidangkan ketika perayaan natal.

3. Ikan Bakar Parape

Ikan bakar parape juga salah satu kuliner populer yang berasal dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Ciri yang membedakan ikan bakar parape dari olahan ikan bakar lain adalah pada bumbu spesial parapenya yang berbahan dasar bawang merah. Cita rasa gurih, asam dan manis dari ikan bakar parape dijamin bikin ketagihan.

4. Gogoso

Gogoso sering dijuluki sebagai ‘lempernya’ Makassar. Sekilas, kudapan ini memang berbentuk mirip lemper, namun lebih ramping dan bulat panjang.

Selain itu, isian gogoso terdiri dari parutan kelapa, daging ikan tongkol, dan tambahan bumbu khas. Masyarakat lokal biasa menikmati gogoso bersama bayao kannasa atau telur asin.

5. Kue Buroncong

Pecinta makanan manis pasti tergiur mencoba penganan kue satu ini. Mirip dengan kue pukis, kue buroncong adalah kuliner khas Sulawesi Tengah yang konon telah ada sejak ratusan tahun lalu. Kue buroncong sendiri berbahan dasar santan, telur, dan gula dan dimasak dengan cara dioven.

6. Kaledo

Kuliner khas PaluKuliner khas Palu, Sulawesi Tengah. Foto: I Gede Leo Agustina/d’Traveler

Kaki Lembu Donggala atau disingkat kaledo adalah kuliner legendaris yang menjadi ikon Kota Palu, Sulawesi Tengah. Sup ini terbuat dari tulang sumsum sapi dan memiliki cita rasa asam dan pedas yang nampol di lidah. Menurut cerita yang beredar, kaledo dulunya merupakan sajian kehormatan yang dihidangkan bagi kalangan bangsawan dan raja-raja di Lembah Palu.

7. Loka Anjoroi

Loka anjoroi atau loka sattai merupakan kuliner asli Mandar, Sulawesi Barat. Bila dilihat sekilas, tampilan loka anjoroi mirip dengan hidangan kolak.

Terbuat dari pisang kepok (loka manurung) dan santan kental, loka anjoroi memiliki cita rasa yang gurih nan lezat. Tak hanya enak, potongan pisang dalam loka anjoroi dipercaya berkhasiat untuk mengobati maag dan penyakit lambung.

8. Coto Makassar

Coto Makassar dengan kuah gurih dan daging yang empuk. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Sesuai namanya, coto Makassar adalah makanan tradisional dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sup kental dan lezat ini berisi daging sapi serta berbagai jeroan seperti babat, otak, paru, atau usus.

Dengan dilengkapi sambal, lontong, atau nasi hangat, coto makassar bisa menjadi menu makan siang yang maknyus rasanya.

9. Kerak Sagu

Kerak sagu adalah kuliner khas Palu, Sulawesi Tengah yang sekilas menyerupai jajanan kerak telor. Tetapi, kerak sagu terbuat dari bahan utama dan pelengkap yang berbeda.

Kerak sagu diolah dari bahan utama sagu kasar dan dicampur garam serta kelapa parut. Kemudian, kerak sagu diberi udang, teri, dan suwiran ikan cakalang yang sudah dibumbui sebagai pelengkap.

Kamu bisa mencicipi jajanan kerak sagu dengan mengeluarkan kocek sekitar Rp 3.000 – Rp 5.000 saja.

10. Es Pallu Butung

Kalau kamu mencari kuliner Sulawesi yang seger-seger, coba deh cicipi es pallu butung. Minuman manis khas Palu ini terbuat dari jenis pisang raja atau pisang kepok yang dicampur dengan air, santan kental, daun pandan, tepung beras, dan gula pasir.

Tampilan dan rasa es satu ini semakin menggiurkan tatkala disajikan dengan topping sirup merah, buah, jelly, atau es krim.

Nah, itu dia ulasan seputar makanan khas Sulawesi yang mengundang selera. Kira-kira kamu tertarik coba sajian yang mana nih detikers?

(khq/khq)

Membagikan
Exit mobile version