Senin, Oktober 21

Jakarta

Makanan Indonesia punya daya tarik dengan rasa yang lezat dan unik. Tak heran jika, salah satu laman Ensiklopedia makanan global menyoroti hidangan-hidangan Tanah Air yang berhasil meraih rating tertinggi.

Dari bumbu yang beragam hingga teknik memasak yang unik, kuliner Nusantara ini menunjukkan kelezatan yang memikat lidah.

Makanan Indonesia dengan Rating Tertinggi Terbaru

Sebagai catatan, peringkat versi Taste Atlas ini didasarkan pada peringkat audiensnya. Berikut adalah daftar makanan Indonesia terenak di dunia berdasarkan rating di Taste Atlas, per September 2024:


1. Siomay

Rating 4,8

Ilustrasi siomay. Foto: Getty Images/Tyas Indayanti

Siomay adalah makanan yang isinya terdiri dari pangsit ikan bentuk kerucut yang dikukus, kemudian disajikan bersama telur, kentang, kubis, tahu, dan pare.

Setelah dikukus, isian dipotong-potong lalu disiram dengan saus kacang pedas.

2. Soto Betawi

Rating 4,7

Ilustrasi soto Betawi. Foto: Site Culinary/Visual

Ini adalah sup daging yang berisikan potongan daging jeroan yang direbus dalam kuah santan, berbumbu rempah-rempah seperti serai, kunyit, lengkuas, daun jeruk kefir, dan ketumbar.

Saat disajikan, biasanya bersamaan dengan tomat, daun bawang, kecap manis, dan emping.

Makanan diyakini ini berasal dari Jakarta di kalangan orang Betawi. Kita bisa menemukan makanan ini warung kaki lima, restoran, atau hingga tempat makan jajanan kaki lima

Secara tradisional, soto Betawi dinikmati dengan nasi putih dan acar asin yang jadi pelengkap.

3. Pempek

Raing 4,6

Ilustrasi pempek. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tuty Farida

Sederhananya, pempek adalah kue ikan yang berasal dari kota Palembang, Sumatera Selatan. Pempek dibuat dari campuran daging ikan dan tepung tapioka.

Pempek bisa berbentuk bulat atau persegi panjang, kemudian dikukus. Setelah itu digoreng dan dicampurkan dengan kuah khasnya.

4. Rawon

Rating 4,6

Ilustrasi rawon. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Rawon adalah makanan dari Jawa Timur dipercaya asalnya dari kota Surabaya. Makanan ini dibuat dari daging sapi yang direbus bersama bahan-bahan tradisional Indonesia. Ciri khas rawon yaitu warna kuah yang hitam pekat.

Bumbunya terdiri dari daun jeruk nipis, serai, jahe, serta cabai. Buah kluwek (kacang hitam Indonesia) adalah kunci dari makanan satu ini.

5. Batagor

Rating 4,6

Batagor. Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Pada dasarnya, makanan ini terdiri dari pangsit ikan goreng yang disajikan dengan saus pedas tradisional (biasanya saus kacang).

Ikan yang biasanya digunakan adalah ikan makarel, wahoo, tuna, dan udang juga bisa. Kemudian, disajikan bersama kentang, tahu, atau kubis rebus juga.

Ini adalah turunan dari tradisi kuliner Cina, yang meninggalkan jejak di banyak hidangan Indonesia.

6. Sambal Terasi

Rating, 4,6

Ilustrasi sambal terasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti

Sambal terasi adalah sambel tradisional Indonesia, yang bahan dasarnya cabai merah dan terasi. Kemudian dicampur atau diulek dengan bawang putih, bawang merah, tomat, air jeruk nipis, minyak, garam, dan gula. Sambal pedas satu ini sering dipakai sebagai pelengkap aneka hidangan.

7. Ayam Goreng

Rating 4,5

Ilustrasi ayam goreng. Foto: detikFood

Pada dasarnya ini adalah potongan ayam yang direndam dengan bumbu rempah, lalu digoreng hingga berwarna keemasan. Bumbunya terdiri dari rempah-rempah seperti serai, lengkuas, kunyit, dan asam Jawa.

Namun, ada juga berbagai variasinya. Misalnya, ayam goreng serundeng yang ditambahkan parutan kelapa, atau ayam goreng tepung yang dibalut tepung beras.

8. Bubur Ayam

Rating, 4,5

Ilustrasi bubur ayam. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Bubur ini terbuat dari beras kentang yang ditambah dengan suwiran atau potongan daging ayam. Meskipun bubur beras berasal dari Cina, ciri khas bubur di Indonesia bisa dilihat dari aneka topping-nya.

9. Nasi Goreng Ayam

Rating 4,5

Ilustrasi nasi goreng. Foto: Getty Images/iStockphoto/JianGang Wang

Nasi goreng ayam tersedia banyak versi dengan bahan utamanya nasi.
Bumbunya pun cukup sederhana, hanya terdiri dari kecap ikan, minyak, garam, lada putih, bawang merah, kunyit, kecapengkuas atau jahe, bawang putih, daun bawang, kecap manis, dan cabai. Seringnya hidangan ini disajikan dengan kerupuk udang di sampingnya.

10. Sate Kambing

Rating 4,5

Ilustrasi sate kambing. Foto: Getty Images/Faiz Dila

Daging kambing dipotong-potong kecil bentuk kubus kemudian dibakar. Setelah itu ditambahkan kecap manis, lengkuas, potongan bawang merah, air jeruk, dan cabai.

Selain kecap manis, sate juga kerap disajikan dengan saus kecap manis, saus kacang, atau saus cabai.

(khq/fds)

Membagikan
Exit mobile version