Jumat, Oktober 4

Jakarta

Kesuksesan game Pokemon tentu menjadi kiblat bagi para pengembang lainnya, untuk menciptakan sebuah karya dengan konsep yang serupa. Meski tidak secara keseluruhan, tapi nuansa yang dihadirkan pasti terasa sama.

Beberapa game di antaranya tak hanya hadir di konsol kepunyaan Nintendo. Tapi para pengembang membaginya ke berbagai macam platform gaming kondang di seluruh dunia.

Pokemon memang menjadi salah satu hiburan paling menyenangkan. Tak cuma datang dalam bentuk permainan, tapi juga anime, manga, buku, hingga trading cards yang masih digandrungi orang-orang.


Namun di artikel kali ini, detikINET akan fokus membahas sederet permainan yang ‘sepertinya’ terinspirasi dari Pokemon. Informasi ini hasil penelusuran detikINET di Google Play Store dan App Store.

Ya, fokusnya pada game mirip Pokemon yang ada di Android dan iOS. Selain itu, perlu ditekankan kembali, mirip di sini bukan berarti ada mekanisme menangkap monster dengan Poke Ball, tapi lebih mengarah kepada landscape-nya dan monster di dalamnya.

Daftar Game Mirip Pokemon

Di sini detikINET sudah mengumpulkan 10 game mirip Pokemon. Beberapa masuk kategori game gratis, tapi ada juga yang berbayar.

1. EvoCreo

EvoCreo. Foto: (Google Play Store)

EvoCreo memberikan pengalaman kepada pemain sebagai seseorang yang ahli menangkap monster. Di dalam permainan, telah disiapkan lebih dari 170 monster yang bisa ditangkap.

Beberapa monster tersebut bisa berevolusi menjadi lebih kuat lagi. Pengembang mengklaim ada lebih dari 99 evolusi monster.

Tapi keseruannya tidak bisa dinikmati cuma-cuma. Sebab pengembang membanderolnya senilai Rp 14 ribu, dan mengingat ini game premium, maka bisa dinikmati secara offline.

2. Monster Masters

Monster Masters. Foto: (Google Play Store)

Berbeda dengan EvoCore, Monster Masters merupakan game multiplayer. Jadi gamer bisa bertarung dengan pemain lainnya, mengandalkan monster yang sudah kalian pelihara.

Asyiknya, game ini ditawarkan secara gratis. Soal kualitas permainan tak perlu diragukan lagi, karena Monster Masters mendapatkan rating 4,4/5 dari total 64,9 ribu ulasan.

3. Nexomon: Extinction

Nexomon: Extinction. Foto: (Google Play Store)

Nexomon: Extinction bisa menjadi pilihan selanjutnya bila kalian mencari game mirip Pokemon. Tapi sayangnya game ini tidak sepenuhnya gratis.

Dari penjelasannya di Google Play Store, gamer cuma bisa merasakan keseruannya secara gratis pada chapter pertama. Versi full game-nya dijual Rp 43 ribu belum termasuk pajak.

Selain rilis di Android, ternyata game ini juga tersedia di PC melalui Steam. Bila mengacu pada laman game ini di Steam, PQube selaku penerbit menjualnya seharga Rp 165.999.

4. Neo Monster

Neo Monster. Foto: (Google Play Store)

Neo Monster adalah game RPG strategi yang menampilkan pertarungan ciamik 4v4, antara dua tim hingga 16 monster. Untuk bisa memenangkan pertarungan itu, pengembang memberikan keleluasaan kepada pemainnya untuk melatih dan mengembangkan monsternya supaya menjadi jawara.

Tidak perlu khawatir kehabisan petarung, karena pengembang telah menyediakan 1.000 monster di dalam permainan. Nah untuk bisa meningkatkan daya tempur monster, kalian harus mengumpulkan beberapa bahan yang dibutuhkan.

5. Monster Hunter Stories

Monster Hunter Stories. Foto: (Google Play Store)

Kalau kalian mencari game mirip Pokemon dengan visual yang ciamik, bisa menjatuhkan pilihannya kepada Monster Hunter Stories. Tapi perlu diingat, game ini berbayar ya dan harganya lebih tinggi dari EvoCreo, yakni sebesar Rp 279 ribu.

Game ini mengisahkan tiga sahabat yang harus berpisah karena punya idealismenya masing-masing. Kalian sebagai salah satu dari tiga orang itu, menjadi seorang Rider yang akan melakukan petualangan di dunia para pemburu.

6. Monster Super League

Monster Super League. Foto: (Google Play Store)

Selayaknya role playing game (RPG) pada umumnya, Monster Super League, dengan konsep serupa juga bisa melakukan beberapa hal yang sama. Mekanisme seperti kustomisasi karakter juga dapat dilakukan, tapi hanya sebatas memilih jenis kelamin dan warna rambut.

Namun jika gamer tak suka narasi atau dialog yang terlalu panjang, sepertinya game ini tidak cocok kalian mainkan. Belum lagi terlalu banyak fitur di dalamnya, sehingga tingkat kerumitannya cukup tinggi.

7. Coromon

Coromon. Foto: (Google Play Store)

Coromon patut dicoba kalau kalian benar-benar sedang mencari game mirip Pokemon. Statusnya di Google Play Store mirip dengan Nexomon: Extinction.

Jadi gamer diberikan kesempatan untuk mencobanya di awal. Tapi seluruh pengalaman bermainnya baru dapat dirasakan saat pemain membeli versi full-nya.

Coromon ditawarkan senilai Rp 78 ribu di luar pajak. Sedangkan bila termasuk pajak harganya menjadi Rp 86.580.

8. Monster Storm 2

Monster Storm 2. Foto: (Google Play Store)

Meski secara grafik tidak semenarik tujuh judul sebelumnya, tapi Monster Storm 2 masih patut diperhitungkan. Di dalam permainan gamer dapat memelihara monster mirip Pokemon.

Tentunya monsters yang kalian miliki bisa diandalkan untuk melawan monster lain. Belum lagi tak hanya basic attack, tapi setiap monster dibekali keterampilan yang unik.

9. Duel Revolution

Duel Revolution. Foto: (Google Play Store)

Duel Revolution akan membawa pemain berpetualang di Pulau Bitacora. Pulau ini dipenuhi dengan monster yang dikenal sebagai Evo.

Berbicara soal gaya visualnya, pemain akan dimanjakan tampilan pixel art dengan sentuhan yang sedikit berbeda. Penasaran kan? Langsung aja rasakan sendiri keseruan game ini.

10. Haypi Monster 3

Haypi Monster 3. Foto: (Google Play Store)

Game mirip Pokemon yang terakhir adalah Haypi Monster 3. Kalian wajib coba, karena pengembang punya cara berbeda untuk memberikan keseruan yang sama dengan sembilan judul sebelumnya.

Menurut detikINET, salah satu keunikan game ini ialah cara menggerakkan karakternya. Sebab gamer tidak mengandalkan fitur analog atau arah seperti biasanya, tapi pergerakan karakter cukup tap-tap layar saja. Jadi kalian bisa lebih santai, karena jari tidak melulu harus menempel di layar HP.

(hps/fay)

Membagikan
Exit mobile version