Kamis, Oktober 10

Jakarta

Sejak menjamurnya ponsel pintar, kegiatan bermain game di HP menjadi sangat populer. Tidak sedikit dari gamer terlena dengan beberapa permainan, yang sudah dirilis pengembang di Google Play Store maupun App Store.

Entah itu game free to play atau premium, mereka rela menghabiskan banyak waktu demi bisa merasakan keseruan dari gameplay, yang telah disuguhkan oleh pengembang. Termasuk detikINET, yang tak akan menyangkal kalau game ponsel saat ini bagus-bagus sekali.

Apalagi sekarang ada game multiplayer online, yang punya cara berbeda dalam memberikan pengalaman bermain lebih asyik. Sebab tak hanya mengandalkan jalan cerita yang menarik atau visual ciamik, tetapi pemain diberikan kesempatan bermain dengan orang lain tanpa harus bertatap muka, dan menjadikannya lebih atraktif.


Tapi tahukah detikers, ternyata game mobile, khususnya yang ada di Google Play Store, gelar download terbanyaknya di dapatkan oleh beberapa permainan jadul. Kalau boleh tebak, sepertinya detikers yang membaca artikel ini pasti pernah memainkan lima di antaranya.

Daripada penasaran, berikut daftar game Android paling banyak di download, dirangkum detikINET dari Make use Of, Selasa (8/10/2024).

1. Subway Surfers

Subway Surfers. Foto: (Google Play Store)

Subway Surfers adalah salah satu game endless running paling digandrungi oleh gamer. Sejak diluncurkan pada 2012, game ini sudah memperoleh lebih dari 1 miliar unduhan.

Mekanisme permainannya bisa dibilang bisa bikin pemainnya kencaduan. Gamer akan diminta untuk berlari sejauh-jauhnya sembari mengambil poin, dengan gimmick, karakter yang kalian gunakan dikejar oleh pihak berwajib, karena telah melakukan aksi vandalisme.

2. Candy Crush Saga

Candy Crush Saga. Foto: (Google Play Store)

Sederhana tapi memaksa otak bekerja, kurang lebih begitu kalimat yang cocok mendeskripsikan bagaimana Candy Crush Saga. Nggak usah muluk-muluk minta jalan cerita yang unik, karena objektivitasnya bukan ke arah situ.

Pemain diminta untuk menyelesaikan setiap misi yang diberikan pengembang. Tugasnya simpel, cukup menghancurkan beberapa permen sesuai dengan permintaan. Mungkin di awal kalian bisa dengan mudah menyelesaikan tugasnya, tapi kalau level semakin tinggi, maka tingkat kesulitan tak perlu ditanya lagi.

Sepak terjangnya sebagai game Android kurang lebih serupa dengan Subway Surfers. Game ini rilis pada 2012 dan telah diundah lebih dari 1 miliar kali.

3. Free Fire

Free Fire. Foto: (Garena Indonesia)

Game Android paling banyak di download selanjutnya ialah Free Fire. Kayaknya kalian tidak perlu penjelasan detail soal game battle royale kepunyaan Garena ini deh.

Bagaimana tidak, sejak meluncur dari 2017 sampai dengan saat ini, jumlah orang yang download lebih dari 1 miliar. Belum lagi beragam aktivitas seperti kompetisi resminya sering digelar, dan mungkin itu salah satu alasan mengapa banyak orang bertahan memainkannya.

Terlebih banyak sekali konten kreator Free Fire yang secara tidak langsung mempromosikan keseruan game ini. Jadi kepopuleran Free Fire pun bertahan lama.

4. My Talking Tom

My Talking Tom. Foto: (Google Play Store)

Game Android dengan jumlah download lebih dari 1 miliar kali juga diraih oleh My Talking Tom. Game ini rilis setahun setelah Subway Surfers dan Candy Crush Saga tampil duluan.

Apabila kalian pernah main tamagotchi, kurang lebih gameplay-nya sama. Bedanya di sini gamer akan memelihara kucing bernama Tom. Ya, memelihara itu berarti kalian bisa kasih makan, buang ari kecil atau besar di toilet, menjaga suasana hatinya, mengajaknya tidur, dan lain sebagainya.

5. Temple Run 2

Temple Run 2. Foto: (Google Play Store)

Sepertinya game endless running sangat disukai ya. Setelah sebelumnya Subway Surfers, sekarang ada Temple Run 2 yang punya konsep bermain kurang lebih sama.

Bedanya paling ada di desain karakternya, lokasi tempat berlarinya, dan fitur di dalam permainan. Temple Run 2 sekarang sudah mendapatkan lebih dari 1 miliar unduhan, meningkat dari tahun lalu.

6. Hill Climb Racing

Hill Climb Racing. Foto: (Google Play Store)

Siapa yang menyangka gelar game Android paling banyak di download juga diperoleh Hill Climb Racing. Rilis pada 2012, game ini mengantongi lebih dari 1 miliar download.

Meskipun begitu banyak jumlah download-nya, tapi pasti kalian asing kan dengan game ini? Pasti kalian lebih mengenal game seperti Genshin Impact, Mobile Legends, PUBG Mobile, atau yang tadi sudah disebutkan, yakni Free Fire.

Cara main Hill Climb Racing sangat mudah, karena pemain hanya perlu mengendarai mobil dan mengumpulkan koin yang banyak sembari melaju ke garis finish. Untuk mengendarai mobilnya, pemain cukup menekan tombol ‘Gas’ dan ‘Brake’.

7. 8 Pall Pool

8 Pall Pool. Foto: (Google Play Store)

Game Android paling banyak di download berikutnya adalah 8 Pall Pool. Sesuai namannya, game ini merupakan simulasi bermain biliar secara online dan dapat bertarung dengan pemain lain.

Game ini dirilis pada 2013 dan telah mendapatkan lebih dari 1 miliar download di Google Play Store. Terlepas dari beragamnya game olahraga besutan Electronic Arts, ternyata visual yang biasa saja dari 8 Pall Pool malah disukai banyak gamer.

8. Clash of Clans

Clash of Clans. Foto: (Google Play Store)

Sepertinya bohong banget deh kalau kalian nggak tau Clash of Clans. Game garapan Supercell ini sudah menapaki jejaknya di industri game Android sejak 2012, dan telah diunduh lebih dari 500 juta kali.

Supercell memang ahli dalam memberikan pengalaman bermain yang seru, tapi di satu sisi juga santai. Mengkombinasikan dua hal tersebut, membuatnya sukses menarik hati gamer untuk tetap memainkannya sampai sekarang.

9. My Talking Angela

My Talking Angela. Foto: (Google Play Store)

My Talking Angela menyambangi gamer pada 2014. Selama sepuluh tahun ini, pengembang telah memperoleh lebih dari 500 juta download.

Dari judulnya mungkin kalian sudah bisa menebak seperti apa mekanisme permainannya. Tentu sangat mirip dengan My Talking Tom. Cuma di si ini bedanya ada pada karakter yang digunakan.

10. Temple Run

Temple Run. Foto: (Google Play Store)

Game Android paling banyak di download yang terakhir adalah Temple Run. Game ini rilis pada 2012 dan sudah meraih lebih dari 500 juta download.

Temple Run merupakan awal mula lahirnya Temple Run 2. Tapi ternyata Temple Run 2 punya jumlah download lebih banyak dari pendahulunya.

Namun bicara urusan gameplay, kurang lebih mirip, karena pemain akan diberikan tugas mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan lari sejauh-jauhnya.

Itu dia game Android paling banyak di download. Selamat mencoba detikers.

(hps/fay)

Membagikan
Exit mobile version