Jumat, September 27

Jakarta

Memori HP penuh tentu bikin pusing karena kita jadi tidak bisa menyimpan foto, video, download file dan hal penting lainnya. Inilah cara mengatasinya dengan cepat.

Seiring berkembangnya teknologi, aplikasi, foto, dan video semakin banyak membutuhkan kapasitas penyimpanan. Jika terus menumpuk, performa ponsel akan menurun karena kapasitas memori mengecil.

Dikutip dari CNBC, berikut 10 cara yang dapat dilakukan untuk menjadi solusi dari masalah memori HP penuh.


Cara Mengatasi Memori HP Penuh:

1. Hapus Aplikasi

Hal pertama yang harus dilakukan saat memori Anda penuh adalah mengecek aplikasi apa saja yang memakan memori besar. Cara menghapus aplikasi cukup mudah. Cukup tekan ikon aplikasi, lalu pilih opsi ‘uninstall’.

2. Gunakan Fitur File Clean

Keuntungan bagi pengguna android adalah memiliki tool untuk membantu menjaga memori HP dari file tidak penting. Anda dapat membuka aplikasi ‘Files’ untuk menemukan fitur ini. Aplikasi tersebut akan memberikan rekomendasi file untuk dihapus yang bisa mengosongkan kapasitas memori.

3. Hapus Foto dan Video

Untuk menghindari memori penuh, Anda dapat rutin menghapus foto dan video beresolusi tinggi. Jika tersinkronisasi dengan Google Photos, Anda bisa membuka aplikasi dan pilih profil. Selanjutnya, pilih opsi ‘Free up space’ dan ikuti instruksi di layar. Sistem akan menghapus file backup yang masih ada di perangkat, sembari tetap mengamankannya di Google Photos.

4. Gunakan Penyimpanan Tambahan

Jika bersedia mengeluarkan uang, Anda dapat membeli layanan cloud untuk menyimpan foto dan video. Layanan yang dapat digunakan, seperti Google Photos, Amazon Drive, Autosync, Dropbox, Nextcloud, dan Tresorit. Selain itu, Anda juga dapat membeli kartu memori eksternal untuk menambah kapasitas.

5. Hapus File Download

Rajin mengecek dan menghapus folder download adalah cara ampuh untuk mengantisipasi memori penuh. Sebab, biasanya file download sudah tidak digunakan lagi setelah berbulan-bulan. Misalnya file PDF tiket online, menu restoran, dan lain sebagainya.

6. Hapus Area Offline di Google Maps

Fitur offline dari Layanan Google Maps dapat memakan kapasitas. Jika sudah tidak memerlukan file offline Google Maps, Anda bisa menghapusnya dengan cara memilih ‘Offline maps’, kemudian tekan menu tiga titik di samping area yang di-download, dan tekan ‘Delete’.

7. Rekam Video Resolusi Rendah

Saat ini banyak ponsel yang mendukung perekaman video resolusi tinggi seperti 4k bahkan 8k. File yang dihasilkan akan sangat besar. Untuk itu, sebaiknya menggunakan penyetelan resolusi rendah, jika video yang direkam hanya untuk diunggah ke media sosial atau dikirim ke chat.

8. Hapus Media WhatsApp

Jika menggunakan WhatsApp, kemungkinan Anda mengirim dan menerima berbagai format file, mulai dari video hingga gift. Bisa jadi perangkat akan turut menyimpan file tersebut dan memakan memori. Ada dapat mengosongkannya dengan cara memilih menu titik tiga, tekan settings, storage and data, manage storage, terakhir review and delete items.

9. Bersihkan Cache

Tujuan dari Cache pada aplikasi adalah untuk memberikan proses yang lebih cepat dan pengalaman lebih smooth saat mencoba aplikasi. Namun, kemudahan itu berdampak pada memori yang terserap. Anda bisa menghapus cache pada aplikasi dengan cara buka settings, apps, see all, storage and cache, lalu clear cache.

10. Hapus File Berukuran Besar

Jika memakai opsi deep clean untuk mengosongkan memori HP, Anda akan diberi tahu aneka file berukuran paling besar. Mungkin ada beberapa file yang sebenarnya sudah tidak dibutuhkan lagi. Hapus saja untuk memberikan ruang lebih banyak di memori HP.

Nah, itu dia 10 cara mengosongkan memori HP yang penuh dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat!

*Artikel ini ditulis oleh Dita Aliccia Armadani, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

(fay/agt)

Membagikan
Exit mobile version