Rabu, Oktober 2
Jakarta

Panitia seleksi (pansel) telah menyerahkan 10 calon Dewan Pengawas (Dewas) KPK ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ada nama hakim hingga Ketua Harian Kompolnas.

Adapun dokumen nama-nama itu diterima Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma sesaat sebelum berangkat ke Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Pada hari ini, Selasa, 1 Oktober 2024, pukul 13.00 WIB, Bapak Presiden telah menerima Panitia Seleksi Capim KPK dan Calon Dewas KPK di Ruang Holding, Base Off Lanud Halim Perdana Kusuma,” kata Koordinator Stafsus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Selasa (1/10/2024).


Nama itu nantinya akan diteruskan Jokowi ke DPR. Berdasarkan keterangan resmi Setneg, Selasa (1/10/2024), nama-nama tersebut sudah dibeberkan. Berikut ini daftar dan profil singkatnya.

1. Benny Josua Mamoto

Ada nama Ketua Harian Kompolnas Benny Josua Mamoto. Dikutip dari laman Kompolnas, pria kelahiran Temanggung ini pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional. Dalam kariernya di Polri ia mencapai jenjang kepangkatan Inspektur Jenderal.

Selama kariernya banyak ditugaskan di bidang reserse, antara lain sebagai Penyidik Densus 88 Antiteror Polri, Kepala Unit I/Keamanan Negara-Separatis, Dit I/Kamtrannas Bareskrim Polri (2001), Wakil Direktur II/Ekonomi & Khusus Bareskrim Polri (2006), Wakil Sekretaris NCB-Interpol Indonesia (2007-2009), Direktur Badan Narkotika Nasional-BNN (2009-2012) berpangkat Brigadir Jenderal hingga Deputi Pemberantasan Narkotika BNN berpangkat Inspektur Jenderal (2012-2013).

Selain itu, Benny juga dikenal sebagai dosen pengajar di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) dan Universitas Indonesia. Benny pun pernah menjadi Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022.

2. Chisca Mirawati

Selanjutnya ada nama Chisca Mirawati. Ia dikenal sebagai seorang profesional bidang kepatuhan keuangan yang saat ini menjadi anggota Asosiasi Bank Asing.

Sebelumnya beliau bekerja sebagai Direktur Kepatuhan di PT Bank MNC Internasional Tbk, Standard Chartered Bank (Indonesia), dan PT Bank Oke Indonesia Tbk. Ia juga pendiri CMKP Law-Chisca Mirawati, Kanya & Partners.

3. Elly Fariani

Selanjutnya ada nama Elly Fariani. Dikutip dari laman Kominfo, ia pernah menjabat sebagai Inpektur Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Kini, Elly tercatat sebagai Anggota Komite Audit di PT Pupuk Indonesia.

4. Gusrizal

Selanjutnya ada nama hakim Gurizal. Dikutip dari laman Pengadilan Tinggi Banjarmasin, Gusrizal saat ini menjadi Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin.

Mertua dari komika Kiky Saputri ini juga pernah menjadi hakim di Bukittinggi hingga Ketua PT Banda Aceh.

5. Hamdi Hassyarbaini

Kemudian ada nama Hamdi Hassyarbaini yang merupakan Presiden Komisaris Superbank. Dikutip dari lama Superbank, ia memiliki lebih dari dua dekade pengalaman di industri keuangan, perbankan, dan kebijakan sektor keuangan.

Anton telah menangani berbagai posisi komisaris di perusahaan manajemen investasi dan perbankan. Selama satu periode (2019-2022), Anton juga ditunjuk sebagai Anggota Komite Pengawas Perpajakan/Komwasjak di Kementerian Keuangan Republik Indonesia, dan juga menjabat sebagai Anggota Tim Penasihat Senior untuk Kepala Kantor Staf Presiden (2017-2018).

6. Heru Kreshna Reza

Heru Kreshna Reza saat ini merupakan Komisaris Independen PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo). Sebelum menjabat sebagai sebagai Komisaris Independen PT Askrindo.

Heru Kreshna Reza juga menduduki Auditor Utama Keuangan Negara VII di BPK RI (2020-2020) dan Auditor Utama Keuangan Negara I di BPK RI (2014-2020). Ia pun tercatat sebagai dosen di Universitas Esa Unggul.

Simak Video ‘Daftar Nama Capim dan Cadewas KPK yang Sudah Diserahkan ke Jokowi’:

[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version