Kamis, Oktober 24


Jakarta

Jepang menjadi negara yang mendominasi daftar bandara terbersih di dunia 2024. Penillaian berdasarkan kebersihan terminal, toilet, hingga area publiknya.

Kebersihan menjadi salah satu faktor krusial yang menentukan pengalaman dan kenyamanan penumpang di bandara. Terlebih setelah masa pandemi COVID-19, standar kebersihan banda jadi hal penting.

Di antara bandara di seluruh dunia, ada beberapa menonjol sebagai yang terbersih. Selain menawarkan fasilitas terbaik, bandara-bandara ini juga menjaga standar kebersihan yang tinggi.


Bandara Terbersih di Dunia 2024

Dari daftar 10 bandara terbersih di dunia, mayoritas ada di negara-negara Asia. Skytrax World Airport Awards melakukan Penghargaan Bandara Dunia dengan berbagai kategori, termasuk “terbersih”.

Pada 2024, Bandara Haneda Tokyo adalah bandara terbesar di dunia. Berdasarkan hasil laporan dari Skytrax World Airport Awards, berikut adalah daftar urutan bandara terbersih di dunia.

  1. Tokyo Haneda Airport (Jepang)
  2. Seoul Incheon (Korea Selatan)
  3. Singapore Changi Airport (Singapura)
  4. Doha Hamad Airport (Qatar)
  5. Centrair Nagoya (Jepang)
  6. Tokyo Narita International Airport (Jepang)
  7. Kansai (Jepang)
  8. Hong Kong (Hong Kong)
  9. Taiwan Taoyuan International Airport (Taiwan)
  10. Zürich Airport (Swiss)

Jepang menjadi negara yang 4 bandaranya masuk dalam daftar ini. Bandara Tokyo Haneda menyabet gelar bandara terbersih di dunia ini, berhasil dipertahankannya selama tidak kurang dari 9 tahun.

Selain menjadi bandara terbersih, Tokyo Haneda juga dinobatkan sebagai bandara terbaik ke 4 di dunia. Empat bandara hub negara tersebut, termasuk Tokyo Narita dan Kansai juga masuk dalam peringkat sepuluh besar.

Seoul Incheon menempati posisi kedua daftar ini, disusul Singapura Changi menempati posisi ketiga. Bandara Zurich adalah satu-satunya kota di Eropa yang berhasil masuk dalam daftar ini.

Penilaian Penghargaan

Penilaian Skytrax “World’s Cleanest Airports 2024” daftar tersebut berdasarkan survei kepuasan pelanggan bandara tahunan global. Survei ini dilakukan mulai dari hingga Maret 2024.

Survei melibatkan lebih dari 570 bandara dan sekitar 100 kebangsaan pelanggan bandara yang berpartisipasi dalam survei tersebut.

Bandara terbersih di dunia dilihat dari faktor-faktor seperti kebersihan keseluruhan terminal, lantai, tempat duduk, toilet, area publik, dan standar kebersihan.

(khq/fem)

Membagikan
Exit mobile version