Selasa, Juli 2


Jakarta

Pos pelatih Timnas Korea Selatan masih lowong. Federasi sepakbola Korsel mengkonfirmasi ada empat kandidat: tiga juru taktik asing dan satu lokal.

Korsel memecat Juergen Klinsmann usai Piala Asia 2023. Pria Jerman itu bertugas menangani Taegeuk Warriors selama satu tahun pada Februari 2023 sampai Februari 2024.

Bersama eks pelatih Timnas Jerman itu, Korsel menjalani sebanyak 18 pertandingan. Hasilnya, ada delapan kemenangan, tujuh hasil imbang, dan tiga kali menelan kekalahan.


Di Piala Asia 2023, Korsel menjejak babak semifinal. Mereka kalah dari Yordania hingga akhirnya gagal ke babak puncak. Hal itu yang memicu Klinsmann akhirnya dipecat.

Sudah empat bulan berlalu, Timnas Korsel belum juga menunjuk pelatih baru. Saat ini, mereka masih ditangani oleh Kim Do-hoon.

Beberapa spekulasi muncul mengenai pelatih Korsel yang baru. Salah satunya adalah Shin Tae-yong, dia sedang dalam situasi bebas kontrak karena belum diperpanjang oleh PSSI.

KFA menegaskan masih mengaji pelatih yang akan menukangi Son Heung-min cs. Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak ketiga sudah di depan mata.

“Komite penguatan mempersempit pada empat kandidat untuk pelatih Timnas berikutnya, satu lokal dan tiga pelatih asing, dan sudah memulai proses review akhir. Saya yakin satu kesimpulan akan segera tercapai,” kata pernyataan KFA seperti dikabarkan media Korsel, Joong Ang.

Satu sosok pelatih lokal itu diyakini adalah Kim Do-hoon. Bersama dia, Korsel sudah menjalani dua pertandingan dengan hasil selalu menang. Korsel dibawa menang atas Singapura dan China.

(cas/krs)

Membagikan
Exit mobile version